1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Program Strategis dan Inovasi Pendidikan Berbahasa Inggris, Begini Harapan Bupati

Program Strategis dan Inovasi Pendidikan Berbahasa Inggris, Begini Harapan Bupati

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) meluncurkan program strategis dan inovasi pendidikan berbahaya Inggris bagi SD dan SMP sederajat.

Peluncuran ini ditandai dengan pengukuhan secara simbolis kepada perwakilan Guru SD dan SMP oleh Bupati Tanbu HM. Zairullah Azhar, Selasa (29/8) di Mahligai Bersujud Kecamatan Batulicin.

Tercatat ada 229 sekolah yang dikukuhkan untuk melaksanakan sekolah program bahasa inggris, itu terdiri dari 175 dari jenjang SD sederajat dan 54 SD sederajat.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanbu Amiludin. S.Pd. MM menjelaskan, program strategis ini adalah sebuah komunitas bagi siswa SD, SMP untuk memperdalam bahasa inggris.

“Mulai September ini akan dibentuk komunitas siswa berbahasa inggris, kita ambil istilah seperti pesantren dan mereka akan selalu berkomunikasi memakai bahasa inggris,” ucapnya.

BACA JUGA :  Bupati Zairullah Azhar Tandatangani Nota Kesepakatan RPJMD 2021-2026

Melalui program ini, diharapkan anak-anak murid SD dan SMP di Tanbu bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris secara lancar.

“Setidaknya dengan kemampuan bahasa tersebut dapat menyesuaikan dengan masyarakat luar atau wisatawan, terutama bertepatan dengan dijadikannya daerah ini sebagai penyangga ibu kota negara,” kata Amiludin.

“Untuk menunjang peningkatan kompetensi dan mendukung program tersebut, maka beberapa guru akan di sekolahkan ke luar negeri sesuai ketersediaan anggaran,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu Bupati Tanbu HM Zairullah Azhar menyebutkan empat strategi khusus dalam pembangunan Tanbu itu yakni prioritasnya adalah peningkatan Sumber daya manusia.

Dari Sumber Daya Manusia (SDM) inilah kemudian dilakukan berbagai program untuk mendukung peningkatan SDM tersebut.

BACA JUGA :  Kejari Tanah Bumbu Dapatkan Dua Penghargaan Dari Bupati, Atas Upaya Pencegahan Tindak Pina Korupsi Di Tanbu.

Kata kuncinya adalah di pendidikan  maha penting kerena ini menyangkut masa depan.

Melihat kondisi sekarang bahwa  dunia seakan makin kecil dan semakin terbuka tentu kekuatan yang harus dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi. 

Oleh sebab itu, program ini sangat penting untuk mendukung program yang akan dikembangkan.

Terkait program tersebut, sangat bertepatan pula dengan program Satu Desa Satu Mesjid (SDSM), Program ini turut mendukung masa depan buat anak anak.

“Program ini pula tidak bicara kepentingan hari ini, namun kedepannya ada yang bisa dibanggakan buat anak-anak Tanbu,” pungkasnya.

Sementara itu kegiatan menghadirkan Direktur Briton Perwakilan Camrudge University Sirajudin Tenri. M. Ed. (MHL)

Baca Juga