Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. BPBD Kabupaten Banjar dan Instansi Lainnya Berjibaku Dengan Karhutla di…

BPBD Kabupaten Banjar dan Instansi Lainnya Berjibaku Dengan Karhutla di Beberapa Titik Kabupaten Banjar

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar tangani kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Desa Abumbun Jaya, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Minggu (10/9/2023) siang.

Tim gabungan posko penanggulangan bencana Karhutla dan kekeringan lakukan penanganan api yang membakar semak belukar dan pepohonan sejak pukul 14.31 Wita.

Dari pantuan awak media, tim gabungan terdiri dari BPBD, BPKP, Tagana, TNI, Polri, PMI, EBR, RAPI dan sejumlah BPK swasta berjibaku menjinakkan api yang menyebar luas.

BACA JUGA :  Pemerintah Akan Buat Kartu Kendali Untuk LPG 3 Kg

Penanganan Karhutla tersebut juga nampak Kepala Pelaksana BPBD Banjar Warsita, Danramil Sungai Tabuk, Kapten Inf. Bony Chandra dan Kapolsek Sungai Tabuk Iptu Sumari.

“Proses pemadaman api ini kami memakan waktu cukup lama, sekitar 5 jam lebih karena beberapa faktor,” jelas Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Banjar, Warsita.

Dalam kejadian tersebut tercatat, luas lahan yang terbakar sekitar 29 hektare. Kobaran api juga membakar satu rumah warga yang videonya marak beredar di media sosial.

Pada waktu yang sama, Karhutla juga terjadi di Desa Keramat Kecamatan Martapura Timur. Api membakar semak belukar dan sawahan milik warga setempat.

BACA JUGA :  Arak Adipura Melalui 2 RTH, Start Dilepas Sekda dan Finish Disambut Bupati Banjar

Para pemilik sawah juga terlihat melakukan pemadaman serta berjaga agar api tidak sampai membakar padi mereka, lantaran masih ada sebagian yang belum dipanen. Luas lahan yang terbakar di lokasi tersebut sekitar 3 hektare.

Selain itu, di Desa Pejambuan Kecamatan Sungai Tabuk, lahan yang terbakar sekitar 0,4 hektare dengan vegetasi semak belukar dan ilalang.

Reporter: Mada Al Madani
Editor: Nasrullah

Baca Juga