1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. Peringati Hari Jantung Se-Dunia, RSD Idaman Gelar Senam Jantung Sehat

Peringati Hari Jantung Se-Dunia, RSD Idaman Gelar Senam Jantung Sehat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Memeringati Hari Jantung se-Dunia, Manajemen Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru melaksankan Senam Jantung Sehat, Jumat (22/9/2023) di pelataran gedung rumah sakit setempat di Jalan Trikora, Banjarbaru

Bahkan, Direktur RSD Idaman, dr Indrawardhana juga terlihat mengikuti senam kesehatan jantung.

Tidak hanya itu saja RSD Idaman juga merangkai kegiatan lainnya seperti pelatihan bantuan dasar penanganan serangan jantung bagi masyarakat awam.

Dalam pelatihan ini RSD Idaman Banjarbaru menghadirkan dr Faizal Rahman Sp. JP, FIHA, FAPSC, dokter spesialis jantung di rumah sakit tersebut.

BACA JUGA :  RSDI Siapkan Beberapa Ruangan Untuk Rawat Pasien Covid-19

Dikatakan dr Faizal Rahman, selama bertugas kurang lebih tiga tahun di RSD Idaman, ada beragam jenis penyakit jantung yang dia tangani. Di antaranya, jantung coroner, jantung bengkak, gangguan irama jantung, dan penyakit jantung bawaan.

Tentang penyakit jantung bengkak, atau dalam istilah medis kardiaonegali disebabkan berlebihnya darah atau cairan di dalam jantung. Bisa juga disebabkan adanya tekanan pada jantung yang umumnya dialami mereka yang hipertensi.

BACA JUGA :  Gelar Donor Darah, RSD Idaman-Arutmin Kumpulkan 250 Kantong Darah!

Adapaun ciri-cirinya, kata dr Faizal, penderita penyakit ini biasanya akan mudah capek dan jantung mudah berdebar. “Pada penderita jantung bengkak, juga akan merasakan nyeri pada dada,” ujarnya.

Jika mendapati aatau merasakan salah satu ciri-ciri tersebut, ia saranka agar segera memeriksakan diri ke dokter spesialis jantung. Karena jika ciri-ciri tersebut dirasakan, kemungkinannya jantung telah membengkak. “Dan harus segera ditangani sebelum makin parah,” kata dr Rizal.

Baca Juga