Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Dilaksanakan Taman Makam Bumi Kencana Banjarbaru

Peringatan Hari Pahlawan Nasional, Dilaksanakan Taman Makam Bumi Kencana Banjarbaru

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru menjadi lokasi pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan Nasional yang digelar serentak.

Headline9.com, BANJARMASIN – Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru ditunjuk menjadi lokasi kegiatan peringatan Hari Pahlawan Nasional, Jumat, 10 November 2023.

Lokasi ini dipastikan menjadi saksi hikmat untuk mengingat sejarah perjuangan dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Termasuk, mengulang kembali bagaimana peristiwa besar pada 10 November 1945 dalam melakukan perlawanan penjajah untuk bisa menduduki lagi negara ini. Pertumpahan darah yang jadi taruhannya menjadi pengungkit sejarah kemerdekaan.

Kabid Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kalsel, Surya Fujianorrochim, turut memastikan penyelenggaraan ini. “Insha Allah, Jumat ini dilaksanakan di lokasi tersebut,” ungkapnya.

image editor output image 1991324613 1699430244119
Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Kalsel, Surya Fujianorrochim usai menjelaskan persiapan pelaksanaan Hari Pahlawan Nasional tahun 2023

Kemudian, kata dia, untuk kegiatan upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional yang biasanya digelar di halaman kantor Setdaprov Kalsel dan (kantor gubernur) diperbolehkan menggelar dimasing-masing lingkup SKPD.

BACA JUGA :  Posko Induk Terbitkan Logo Resmi Haul ke-14 Abah Guru Sekumpul. Silakan Cek Penggunaannya...!

“Sesuai arahan dari pimpinan, upacaranya bisa dilaksanakan di dinas-dinas yang ada dilingkungan Pemprov Kalsel,” ungkapnya.

Kegiatan yang diperingati setiap 10 November itu rencananya dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor bersama jajaran TNI dan Polri. “Kita juga sudah berkoordinasi dengan Biro Adpim mengenai kedatangan Paman Birin di lokasi,” bebernya.

Kegiatan yang dirangkai dengan tabur bunga itu, tutur Surya, merupakan penyelenggaraan yang digelar serentak secara nasional.

“Ini sebagai rangkaian kegiatan ziarahnya. Sesuai persiapan pelaksanaan memang di Taman Makam Pahlawan Bumi Kencana Banjarbaru yang tepat berada di Landasan Ulin,” tutur Surya.

BACA JUGA :  Cagub Kalsel Denny Kunjungi Bawaslu RI Bongkar Modus Politik Uang

Lebih lanjut, dirinya mengungkapkan, peringatan Hari Pahlawan Nasional yang dimulai sekitar 09.00 WITA nanti tak hanya diisi penaburan bunga. Melainkan, juga digiring dengan pelaksanaan upacara.

“Kita harapkan Gubernur Sahbirin Noor (Paman Birin) bersedia jadi inspektur upacara Hari Pahlawan Nasional,” harap mantan Kepala PPRSLU Budi Sejahtera Kalsel dan Kepala Samsat Paringin.

Sementara dari persiapan, Surya menyebut, sudah berkoordinasi dengan sejumlah instansi dan organisasi untuk menyukseskan acara ini.

“Di antaranya ada dari LVRI, Kanwil Kemenag Kalsel, Korem 101/Antasari, Polda Kalsel, Biro Umum, Lanal Banjarmasin, Lanud Syamsudin Noor, Dishub dan Satpol PP,” pungkasnya.

Reporter : Rei Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga