1. Home
  2. »
  3. Kalsel
  4. »
  5. BPBD Kalsel Latih Warga Disabilitas Untuk Pencegahan dan Mitigasi Bencana

BPBD Kalsel Latih Warga Disabilitas Untuk Pencegahan dan Mitigasi Bencana

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit
Kalak BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah saat menyampaikan sedikit materi soal kebencanaan

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Provinsi Kalsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat menggelar pelatihan relawan pencegahan dan mitigasi bencana yang dilaksanakan 10 – 12 November 2023.

Kali ini peruntukkannya tak hanya bagi masyarakat umum saja. Melainkan, penyandang disabilitas.

Kegiatan yang dirangkai dengan berbagai pemberian materi kebencanaan tersebut turut dihadiri Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah didampingi Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, Bambang Dedi Mulyadi.

Kalak BPBD Kalsel, Raden Suria Fadliansyah, menyampaikan dalam sambutannya, turut memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pelatihan tersebut. Selain menambah wawasan, bisa sebagai ilmu mendeteksi secara awal pencegahan kebencanaan di daerah khususnya di Kalsel.

“Yang jelas, kami dari BPBD Kalsel berterima kasih banyak atas kesediaan tim ini menjadi relawan yang nantinya ikut terjun membantu dalam berbagai kegiatan kebencanaan. Kami apresiasi,” ujarnya, sebelum membuka resmi acara Pelatihan Pencegahan dan Mitigasi Bencana, di ruang terbuka BPBD Kalsel, Banjarbaru, Jumat (10/11) siang.

BACA JUGA :  Dispersip Banjarbaru Kebobolan, Pegawai Honorer Pelakunya

Ia menuturkan, sebagai penyandang disabilitas BPBD selaku induknya penanggulangan bencana di daerah tak memadang kekurangan mereka. Termasuk, kondisi fisik yang dianggap membatasi ruang gerak untuk menjadi relawan tanggap bencana.

“Adanya pelatihan ini diharapkan simulasi yang dilaksanakan nanti bisa membentuk kerjasama yang baik antar relawan,” papar Suria.

Meski memiliki keterbatasan, menurutnya, setiap orang mempunyai hak yang sama. “Kalau sudah menghadapi bencana, kebersamaan dan gotong royong itu pasti berjalan. Maka, tak memandang lagi siapa dia untuk kemanusiaan,” ucapnya.

BACA JUGA :  Paman Birin Serahkan SK untuk P3K JF Pemprov Kalsel

Ia berharap, dengan adanya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat para disabilitas untuk ikut menggerakkan jiwa sosial kebencanaan.

“Apalagi daerah yang rawan bencana, kawan-kawan relawan disabilitas ini bisa ikut membaur dan membantu tim relawan lainnya,” paparnya.

Kegiatan pelatihan pencegahan dan mitigasi bencana bagi relawan disabilitas ini diisi pemateri ahli dari BPBD Kalsel yakni Kabid Kebencanaan dan Kiapsiagaan, Bambang Dedi Mulyadi dan Ariansyah, selaku Kasubbid Kesiapsigaan. Dibantu sejumlah relawan dan juru bicara isyarat dalam mengoptimalkan penyampaian materi.

Reporter : Rei Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga