Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tapin
  4. »
  5. POMNas ke XVIII 2023 Kalsel Ditutup, DKI Jakarta Borong Medali…

POMNas ke XVIII 2023 Kalsel Ditutup, DKI Jakarta Borong Medali dan Jadi Juara Umum

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Perhelatan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) ke XVIII tahun 2023 di Kalsel resmi ditutup. Kali ini, kontingen asal DKI Jakarta didapuk banyak membawa pulang medali.

Gubenur Kalsel, Sahbirin Noor, diwakili Sekdaprov, Roy Rizali Anwar, menutup penyelenggaraan ini, di Audituriom ULM, Banjarbaru, Rabu (22/11) siang.

Mewakili kepala daerah, Roy, mengucapkan terima kasih atas panitia penyelenggara terkhusus Kepala Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Kalsel dan dari berbagai yang telah mendukung perhelatan olahraga nasional mewadahi mahasiswa.

Tak sampai disitu, ia juga mengucapkan, atas partisipasi mahasiswa dan para atlet yang sudah mengeluarkan bakat, potensi, dan kemampuan terbaik di ajang olahraga tertinggi mahasiswa di bumi nusantara.

Terlebih pula, raihan prestasi tersebut juga dapat menjadi pemacu semangat untuk meraih prestasi di ajang yang lebih besar dan bahkan lebih tinggi lagi, termasuk berkarya di tingkat internasional.

“Tidak lupa saya ucapkan selamat dan sukses, kepada mahasiswa terbaik, yang telah berhasil meraih prestasi tertinggi,” Kata Paman Birin melalui sambutan yang dibacakan Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar.

“Raihan prestasi tersebut dapat menjadi jalan untuk menjadi seorang atlet profesional, siap untuk memberikan prestasi terbaik bagi bangsa dan negara,” tambah Roy dalam penutupan POMNas 2023.

BACA JUGA :  52 Pengawas TPS Se Kecamatan Tapin Tengah Dilantik

Kapusdiklat Pegawai Kemendikbudristek RI, Mustangimah mengungkapkan, Pelaksanaan POMNAs ke XVIII tahun 2023 menjadi momentum persiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah ASEAN University Games 2024 yang dihelat di Jawa Timur.

Gelaran ini, menurutnya, menjadi langkah awal dalam rangka menyiapkan tim nasional dan kontingen Indonesia. “Apalagi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam POMNas kali ini mengalami penambahan dari 14 menjadi 16 cabor,” jelasnya.

Disisi lain, Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Prof Ahmad Alim Bachri, juga turut terima kasih dan memohon maaf kepada semua atlet jika terdapat kekurangan pada penyelenggaraan POMNas ke-XVIII tahun 2023 yang dihelat penuh di Kalsel.

“Tak ada gading yang tak retak, kami memohon maaf jika ada terdapat kekurangan terhadap penyelenggaran event nasional ini,” ucapnya.

Sementara, Ketua BAPOMI Kalsel, Rusmin Nuryadin, menyebut, bahwa keberhasilan yang didapatkan Kalsel tidak lain karena adanya Cabor unggulan Kalsel.

“Jadi kita memasukan Cabor unggulan Kalsel, contohnya di Gulat. Karena selama ini Cabor unggulan Kalsel ini tidak dimasukan, seperti di POMNas Padang,” bebernya.

BACA JUGA :  Pj Bupati Tapin Serahkan Bonus ke Penggiat KORMI Usai Bertandang di Fornas ke VII/2023

Rusmin Nuryadin, mengatakan bahwa perolehan yang didapat merupakan prestasi yang sangat luar biasa.

“Biasanya kita berada di peringkat 20 lebih, dan tahun ini kita berada di peringkat 10 besar yakni berada di posisi ke 6,” ucapnya.

Menurutnya, gulat mendapatkan 5 medali emas, lalu karate juga menyumbangkan 2 emas dan yang terakhir dari panjat tebing mendapatkan 1 medali emas.

Pada penutupan POMNas juga diserahkan piagam penghargaan dari Kemendikbudristek kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan sebagai tuan rumah POMNas ke XVIII tahun 2023.

Sekedar diketahui, Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta menorehkan raihan 140 medali di antaranya 68 medali emas, 34 medali perak dan 38 medali perunggu.

Dengan demikian, DKI Jakarta dinobatkan sebagai Juara Umum POMNas ke XVIII Tahun 2023.

Sedangkan tuan rumah Kalimantan Selatan, tercatat berada di urutan ke 6 dengan perolehan 42 medali yakni 8 medali emas, 7 perak dan 27 perunggu.

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nasrullah

Baca Juga