Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Banjarbaru Raih Penghargaan Kota Sehat 2023 dari Kementrian Kesehatan

Banjarbaru Raih Penghargaan Kota Sehat 2023 dari Kementrian Kesehatan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru meraih penghargaan Swasti Saba atau Kota Sehat Tahun 2023 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Prestasi ini datang hanya beberapa hari setelah Kota Banjarbaru dianugerahi gelar Kota Peduli HAM secara nasional.

Penghargaan Swasti Saba menjadi bukti nyata pencapaian positif Pemko Banjarbaru di bawah kepemimpinan Wali Kota H. M. Aditya Mufti Ariffin. Pengumuman penganugerahan ini disampaikan melalui radiogram Menteri Dalam Negeri dan ditandatangani oleh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Restuardy Daud pada 23 November 2023.

Dr. Juhai Triyanti Agustina, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarbaru, menyambut baik kabar tersebut. Ia menyatakan bahwa penghargaan ini menunjukkan bahwa Kota Banjarbaru telah berhasil menjalankan Program Kabupaten Kota Sehat (KKS) yang diinisiasi oleh Kementrian Kesehatan.

BACA JUGA :  Mantri Usuf Meninggal, Walikota Ucapkan Belasungkawa

“Artinya Pemko Banjarbaru berhasil dalam megimplementasikan program Kota Sehat ini. Tujuannya adalah menjadikan Kota Banjarbaru sebagai kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi masyarakat kita,” ungkapnya.

Juhai menekankan bahwa kesuksesan program Kota Sehat ini juga mencerminkan keseriusan Wali Kota Banjarbaru. Melalui program ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif tidak hanya pada sektor kesehatan tetapi juga sektor ekonomi dan lainnya.

BACA JUGA :  Kambing Persemaian Permanen Melahirkan

“Keinginan Wali Kota adalah menciptakan lingkungan yang sehat untuk masyarakat Banjarbaru. Semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi masyarakat Banjarbaru untuk selalu menjaga lingkungan tempat tinggalnya,” tambahnya.

Perlu dicatat bahwa penghargaan KKS bukan merupakan lomba, melainkan apresiasi dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang telah sukses menyelenggarakan KKS sesuai regulasi tertentu. Setiap tahun genap, verifikasi KKS dilakukan tingkat provinsi, dan penghargaannya diberikan setiap tahun ganjil.

Penganugerahan Kabupaten Kota Sehat Tahun 2023 dijadwalkan diselenggarakan di Grand Indonesia West Mall, Jakarta, pada 28 November mendatang.

Baca Juga