Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. RSDI
  4. »
  5. Kemensos Bersama RSD Idaman Gelar Skrining dan Operasi Katarak Gratis!

Kemensos Bersama RSD Idaman Gelar Skrining dan Operasi Katarak Gratis!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit



Headline9.com, BANJARBARU – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia berkolaborasi dengan Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru untuk menyelenggarakan skrining dan operasi katarak gratis bagi masyarakat yang tidak mampu.

Skrining katarak dilaksanakan di Poliklinik Mata pada Senin (4/12/2023) pagi. Sebanyak 44 pasien telah menerima layanan skrining katarak gratis hingga siang tadi.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru, dr. Danny Indrawardhana, melalui Kepala Bidang Pelayanan dr. Siti Ningsih, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan BRSPDM “Budi Luhur” dan BBPPKS.

“Kegiatan ini adalah program Kemensos dengan target 50 orang. Pelaksananya berasal dari Budi Luhur dan BBPPKS. Kami di RSD Idaman berperan sebagai tempat pelaksanaan dan fasilitator. Alhamdulillah, banyak yang merasakan manfaat dari kegiatan ini,” ucapnya.

Siti menjelaskan, berdasarkan hasil skrining katarak hari ini, pasien yang dinyatakan layak akan dijadwalkan untuk menjalani operasi katarak pada pertengahan Desember.

“Insya Allah, bagi pasien yang dinyatakan layak hari ini, operasi katarak akan dilakukan pada tanggal 16 Desember. Semuanya gratis,” terangnya.

Pentingnya pelayanan operasi katarak gratis ini karena keterlambatan penanganan dapat menurunkan produktivitas pasien bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Khususnya bagi masyarakat pra sejahtera, operasi katarak gratis ini tidak hanya memperjelas penglihatan tapi juga berdampak signifikan pada kehidupan keluarga.

Baca Juga