Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. bappedalitbang
  4. »
  5. Bappeda Litbang Banjar Koordinasi Penyusunan RKPD 2025

Bappeda Litbang Banjar Koordinasi Penyusunan RKPD 2025

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com MARTAPURA – Dalam upaya menyelaraskan program dan kegiatan untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banjar Tahun 2025, Bappeda Litbang Kabupaten Banjar telah mengadakan Forum Lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) selama tiga hari, mulai dari 2 hingga 4 April 2024.

Kepala Bappeda Litbang, Nashrullah Shadiq, menekankan pentingnya forum ini sebagai sarana penajaman aktivitas dalam Rencana Kerja Perangkat Daerah. Tujuannya adalah untuk memastikan sinergi dalam pencapaian prioritas daerah pada tahun 2025, yang akan mendukung keberhasilan pelaksanaan proyek strategis yang tercantum dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Banjar periode 2021-2026.

Pada hari pertama, dibawah koordinasi Bidang PPM Bappeda Litbang, fokus pembahasan adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan target pengentasan kemiskinan ekstrem. Proyek strategis yang diusulkan meliputi peningkatan layanan kesehatan masyarakat melalui pembangunan posyandu dan puskesdes di desa, penyediaan beasiswa dan perlengkapan sekolah bagi pelajar dan mahasiswa dari keluarga miskin, serta perluasan bantuan sosial untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat miskin.

BACA JUGA :  Bappedalitbang Banjar Sebagai Narasumber di Talk Show Milenial Agricultural Forum

Hari kedua forum menyoroti peningkatan ekonomi inklusif dengan basis perikanan, pertanian, dan pariwisata. Diskusi dipimpin oleh bidang Ekonomi dan SDA Bappeda Litbang, dengan proyek strategis seperti penguatan permodalan dan pinjaman tanpa bunga, bantuan prasarana dan sarana untuk kelompok usaha, serta pengembangan pasar tradisional modern dan pariwisata berbasis potensi daerah.

BACA JUGA :  Asistensi RENJA Mitra Bidang IK: Bappedalitbang Kabupaten Banjar Bahas Tiga Agenda Penting

Koordinator bidang Infrastruktur dan Kewilayahan membahas peningkatan pengelolaan lingkungan hidup dan ketahanan bencana, dengan proyek strategis penyediaan 100 tempat pembuangan sampah (TPS) tersebar di kecamatan.

Pada hari Kamis, diskusi akan berlanjut dengan fokus pada pemenuhan layanan infrastruktur dasar, seperti air bersih dan sanitasi, serta optimalisasi tata kelola pemerintahan melalui reformasi birokrasi dan sistem merit.

Forum ini dihadiri oleh berbagai SKPD terkait, termasuk Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, dan lain-lain, yang semuanya berkontribusi dalam pembahasan dan penyusunan RKPD Kabupaten Banjar Tahun 2025.

Baca Juga