Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. PTAM Intan Banjar
  4. »
  5. PTAM Intan Banjar Dapat Support Untuk Bantu Memperlancar Kebutuhan Air…

PTAM Intan Banjar Dapat Support Untuk Bantu Memperlancar Kebutuhan Air Bersih ke Pelanggan MBR

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Perseroan Terbatas Air Minum (PTAM) Intan Banjar mendapat dukungan dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Banjar untuk melakukan pengembangan jaringan pipa distribusi air minum dalam memenuhi sarana air minum untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Perihal tersebut diketahui saat Komisi II DPRD menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama PTAM Intan Banjar dan Dinas PUPRP Kabupaten Banjar pada Selasa (30/4/2024).

“Hari ini kita sudah melakukan pembahasan terkait penambahan jaringan pipa distribusi, dan mana-mana saja yang menjadi perhatian buat kami sebelum penyertaan modal,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banjar, Irwan Bora.

Direktur Utama (Dirut) PTAM Intan Banjar, Syaiful Anwar melalui Abdullah Saraji selaku Direktur Umum (Dirum) membenarkan terkait wacana pengembangan pipa distribusi air minum tersebut.

BACA JUGA :  PT AM Intan Banjar Perkuat Sinergi Dengan Kejaksaan Martapura

“Jadi kita mendapat bantuan dari Dinas PUPRP untuk melakukan pengembangan jaringan pipa distribusi air minum yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk desa di beberapa kecamatan. Hal ini dilakukan karena perkembangan wilayah permukiman, dan pemasangan jaringan pipa untuk MBR digratiskan,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya pada Dinas PUPRP Kabupaten Banjar, Iwan Junaidi menjelaskan, support pengembangan jaringan pipa distribusi air untuk MBR tersebut akan dilaksanakan tahun ini melalui program DAK Air Minum Tahun 2024.

“Pemasangan pipa distribusi air minum tersebut akan dilaksanakan dibeberapa lokasi, antara lain; di Desa Tungkaran, Bincau, Cindai Alus, dan Desa Sungai Sipai, Kecamatan Martapura, Desa Melayu Ilir, Kecamatan Martapura Timur, Desa Haur Kuning, Kecamatan Beruntung Baru, dan di Desa Simpang Empat, Kecamatan Kertak Hanyar,” jelasnya.

BACA JUGA :  Pendistribusian Air Bersih Untuk Sebelas Wilayah di Banjarbaru Terganggu, Cek Lokasinya..

Bahkan, pengembangan jaringan pipa distribusi air minum tersebut juga dilaksanakan di Desa Kaliukan, Kecamatan Astambul, dan beberapa desa yang masuk dalam Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

“Pekerjaan yang dilakukan, yakni melakukan penambahan jaringan pipa distribusi dan sambungan ke rumah warga. Total anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp9 Miliar,” tukasnya.

Reporter : Riswan Surya
Editor      : Nashrullah

Baca Juga