Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Gencarkan Penurunan Stunting, Pemkab HST Gelar Lomba Masak Berbahan Dasar…

Gencarkan Penurunan Stunting, Pemkab HST Gelar Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI– Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan lomba masak serba ikan. Hal ini sebagai bentuk kampanye pemanfaatan hasil tangkapan ikan.

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati, H Aulia Oktafiandi dan Ketua TP PKK Kabupaten HST, Chery Bayuni Budjang. Bertempat di Lapangan Dwi Warna Barabai, Kamis (16/5/2024).

Pada kesempatan itu, Chery Bayuni Budjang, dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini memberikan ruang untuk berkreasi dan berinovasi terhadap berbagai cara mengolah ikan.

“Bukan sekadar lomba, namun kita juga membiasakan masyarakat untuk mengolah bahan hasil tangkapan, seperti ikan kembung, haruan, tongkol, patin dan lainnya,” ujarnya.

BACA JUGA :  Wakil Bupati HST Hadiri Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi DPRD

Tujuan akhirnya, menurut dia, sebagai langkah menurunkan stunting melalui pemberdayaan keluarga dengan kegiatan yang bermanfaat.

“Lomba tersebut tidak hanya mengejar juara, tapi juga bermanfaat untuk keluarga di rumah,” kata istri Bupati HST, H Aulia Oktafiandi.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) HST, Afni Hidayat menyampaikan, pelaksanaan lomba tersebut merupakan bagian dari kampanye pemanfaatan hasil tangkapan ikan. “Makanan yang dibuat dari beragam olahan ikan, diharapkan memberikan pemahaman pentingnya kandungan gizi dan disenangi oleh anak-anak,” ucapya.

Pada perlombaan makanan berbahan ikan itu, juara pertama kategori menu keluarga diraih Kecamatan Batu Benawa, juara kedua Dewi Sinta Kumala Sari dari peserta umum dan juara ketiga Puspa Eka Wati dari peserta umum serta Kecamatan Haruyan juara harapan.

BACA JUGA :  Pemkab HST Luncurkan Program INSERTT untuk Guru Bahasa Inggris

Sedangkan menu balita, diraih peserta umum Sherly Tendean sebagai juaran pertama. Sedangkan juara kedua diraih oleh Dewi Ratna Sari, didapuk sebagai juara ketiga adalah Kecamatan Hantakan dan terakhir yang mendapatkan juara harapan, Fatmawati.

Melalui lomba tersebut, diharapkan PKK dan umumnya masyarakat dapat mengkampanyekan keluarga di rumah untuk mencintai olahan ikan dan membantu pemerintah dalam menurunkan angka stunting. (Adv/Prokopim HST)

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga