Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pembinaan FKDM Libatkan Sekdes

Pembinaan FKDM Libatkan Sekdes

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Pembinaan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) melibatkan Sekretaris Desa (Sekdes) di kawasan Kecamatan Kusan Tengah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) serta pengurus FKDM setempat.

Kegiatan dibuka Camat Kusan Tengah Aidil Adha, Rabu (21/5/2024) di Balai Desa Saring Sungai Binjai, serta dihadiri unsur Kejaksaan Tanbu, Staf Khusus Bupati Tanbu serta Forkopimcam  Kecamatan Kusan Hilir.

Disampaikan Camat Kusan Tengah. FKDM sebagai lembaga yang memiliki peran strategis dalam antisipasi dini, maupun  penanganan dini terhadap peristiwa-peristiwa dan konflik di tingkat masyarakat, maka itu pentingnya memperkuat FKDM melalui tingkat Desa hingga kebawahnya.

BACA JUGA :  Pemkab Tanbu Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran di Desa Pasar Baru

“Untuk melakukan kewaspadaan dini sejatinya harus dilakukan penggalian informasi secara dini sehingga segalanya bisa dianalisa lebih dulu terkait potensi ancaman dimasyarakat.

Menurutnya, saat ini mau menghadapi lebaran Idul Adha, tentunya potensi ancaman dini bisa disebabkan oleh gejolak harga.

Begitu pula dengan menjelang Pilkada, dimana perbedaan pilihan turut memicu konflik ditengah masyarakat.

“Melalu kegiatan FKDM ini diharapkan peran masyarakat untuk saling membantu aparat keamanan dalam mencegah berbagai potensi konflik dan saling kordinasi dengan  lintas terkait untuk mencegah potensi konflik tersebut.

BACA JUGA :  Pj Gubernur Kalsel Melaunching Pelaksanaan MTQN Ke-33 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Tanbu

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Nahrul Fajeri melalui Kasubbid, kewaspadaan Dini dan Penanganan Konflik Sosial, Fatmadi Anas, S.Pt mengungkapkan, tujuan dari pembinaan ini yakni untuk memperkuat FKDM melalui Forkopimcam.

Penguatan lainnya yaitu menjaring menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi mengenai ancaman, tantangan hambatan dan gangguan di wilayah Kecamatan Kusan Tengah.

“Kemudian menggali informasi, mengindentifikasi potensi konflik dan penanganan konflik sosial diwilayah Kecamatan Sungai Tengah,” pungkasnya. (MHL)

Baca Juga