Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Disporapar Kalsel
  4. »
  5. Delapan Negara Hadir Ikuti Banua Duathlon Challenge Kalsel 2024

Delapan Negara Hadir Ikuti Banua Duathlon Challenge Kalsel 2024

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Delapan negara ikut serta dalam perhelatan Banua Duathlon Challenge Kalsel 2024. Event ini digelar selama dua hari, dimulai Sabtu sampai Minggu, 25 – 26 Mei 2024, di kawasan perkantoran Gubernur Kalsel, Banjarbaru.

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor, melalui Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora), Hermansyah, Sabtu (25/5/2024) pagi.

Hermansyah, mengatakan, tahun lalu hanya diikuti peserta daru lima negara saja. Sekarang, event yang digeber tahun 2024 ini jumlah negara yang ikut serta bertambah.

BACA JUGA :  Diikuti 27 Provinsi se- Indonesia, 436 Atlet Siap Berlaga di Kejurnas Pencak Silat 2024 di Kalsel

“Nah, tahun ini ada delapan negera yang berpartisipasi, mereka berasal dari Kolombia, Jerman, Singapura, Algeria, dan kawasan Timur Tengah. Sisanya diikuti influencer dari lokasi dan nasional,” katanya.

Untuk menunjang kegiatan, ia mengungkapkan, tak hanya diikuti dari beberapa negara melainkan sengaja mendatangkan influencer lokal, dan nasional. “Mengingat peserta Duathlon sekitar 179. Sementara, running 5K sebanyak 600 atlet yang mengalami peningkatan dibanding sebelumnya,” jelasnya.

Duathlon sendiri, terdiri lari 5 km, sepeda 20 km, dan dilanjutkan lari 2,5 km. “Esok harinya dilanjutkan running 5K yang melibatkan berbagai kalangan masyarakat,” bebernya yang juga menjabat Pj Bupati HSS.

BACA JUGA :  Kalsel Jadi Tuan Rumah Kreativesia Tingkat Nasional, Ini Yang Sudah Dipersiapkan Dispora

Mengenai olahraga, kata Hermansyah, bukan hanya prestasi. Melalui kegiatan ini, pihaknya juga telah bekerjasama dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Ada beberapa poin lagi selain prestasi, yakni supaya even-even yang dilaksanakan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui industri olahraga. Serta ekonomi bergerak dengan harapan karakter masyarakat juga berubah menjadi cara hidup sehat melalui berolahraga,” pungkasnya. (Adv/Dispora)

Reporter : Riswan Surya
Editor : Nashrullah

Baca Juga