Categories: BarabaiUncategorized

Wabup HST Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Mansyah Sabri

Headline9.com, BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Mansyah Sabri, memimpin upacara Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024). Bertempat di lapangan Dwi Warna Barabai.

Peringatan yang jatuh setiap tanggal 1 Juni tersebut, sebagai orang nomor dua di Kabupaten HST turut mengajak masyarakatnya agar bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila.

“Terutama untuk setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara,” kata Mansyah.

Momen Hari Pancasila ini, ungkap dia, dapat mempersatukan segenap bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan serta ujian sejarah.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang kehadirannya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Bumi Murakata,” katanya.

Tema yang diangkat dalam gelaran peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045″.“Melalui tema ini, tentu sebagai ajakan bagi kita semua bahwa Pancasila menyatukan kita,” ungkap dia.

Baik itu, ungkap dia, dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa. “Yang menyongsong 100 tahun Indonesia Emas berkomitmen maju, mandiri dan berdaulat,” bebernya.

Tak lupa, ia pun mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa bersyukur. Karena dalam momentum kali ini, Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Keberagaman yang ada merupakan berkat ukiran identitas nasional, Bhinneka Tunggal Ika.

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,” tutup Mansyah.

Upacara yang berjalan khidmat ini diikuti forkopimda dan instansi vertikal HST di bawah Inspektur Upacara, Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa. Kesempatan itu pula Wabup HST juga sempat menyampaikan sejumlah pesan kebangsaan.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

lintang

Recent Posts

Lisa Halaby Dapat Restu Warga Komplek Bumi Cahaya Bintang untuk Pilkada Banjarbaru 2024

Headline9.com, BANJARBARU – Bakal calon Wali Kota Banjarbaru 2024, Hj Erna Lisa Halaby, atau yang… Read More

12 jam ago

Baliho ELH Tersebar, Relawan Merapat

Headline9.com, BANJARBARU - Strategi menyebar ratusan baliho Erna Lisa Halaby (ELH) hingga ke pelosok wilayah… Read More

12 jam ago

Head Departement CSR PT BIB Silvyna Aditya Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Menjahit

Headline9.com, BATULICIN - Management PT Borneo Indobara (BIB) Silvyna Adiya selaku Head Departemen CSR PT… Read More

23 jam ago

Penggunaan Anggaran Stunting 2023 di Kabupaten Banjar Dinilai Legislatif Tak Tepat Sasaran

Headline9.com, MARTAPURA - Legislatif di Kabupaten Banjar menyoroti penggunaan anggaran pencegahan dan penanganan stunting (stunting)… Read More

2 hari ago

PLN Hadirkan SPKLU di Batulicin, Dukung Energi Ramah Lingkungan

Headline9.com, BATULICIN - PT PLN (Persero) menghadirkan Stasiun Pengusian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dikawasan Batulicin,… Read More

2 hari ago

Muncul di Menit Akhir, Maulana Siap Berlaga di Pilkada Banjarbaru

Headline9.com, BANJARBARU - Menjelang  pendaftaran pasangan calon (27-29 Agustus 2024), drama politik terus menggeliat di… Read More

2 hari ago

This website uses cookies.