Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Barabai
  4. »
  5. Wabup HST Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Mansyah…

Wabup HST Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila, Ini Pesan Mansyah Sabri

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BARABAI – Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST), H Mansyah Sabri, memimpin upacara Hari Lahir Pancasila, Sabtu (1/6/2024). Bertempat di lapangan Dwi Warna Barabai.

Peringatan yang jatuh setiap tanggal 1 Juni tersebut, sebagai orang nomor dua di Kabupaten HST turut mengajak masyarakatnya agar bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila.

“Terutama untuk setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara,” kata Mansyah.

Momen Hari Pancasila ini, ungkap dia, dapat mempersatukan segenap bangsa dalam menghadapi beragam gelombang tantangan serta ujian sejarah.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang kehadirannya dirasakan manfaatnya bagi masyarakat di Bumi Murakata,” katanya.

BACA JUGA :  Komisi I Gelar RDP Bersama BPN

Tema yang diangkat dalam gelaran peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045″.“Melalui tema ini, tentu sebagai ajakan bagi kita semua bahwa Pancasila menyatukan kita,” ungkap dia.

Baik itu, ungkap dia, dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa. “Yang menyongsong 100 tahun Indonesia Emas berkomitmen maju, mandiri dan berdaulat,” bebernya.

Tak lupa, ia pun mengajak seluruh peserta upacara untuk senantiasa bersyukur. Karena dalam momentum kali ini, Indonesia merupakan bangsa yang majemuk. Keberagaman yang ada merupakan berkat ukiran identitas nasional, Bhinneka Tunggal Ika.

BACA JUGA :  Pentingnya Pemberian Asi Ekslusif untuk Menekan Angka Stunting, Ketua TP PKK HST Dipercaya Jadi Narasumber

“Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong,” tutup Mansyah.

Upacara yang berjalan khidmat ini diikuti forkopimda dan instansi vertikal HST di bawah Inspektur Upacara, Dandim 1002/HST, Letkol Inf Fery Perbawa. Kesempatan itu pula Wabup HST juga sempat menyampaikan sejumlah pesan kebangsaan.

Reporter : Ahmad Farisal
Editor : Nashrullah

Baca Juga