Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Tanah Bumbu
  4. »
  5. Pantau Kondisi KM 171, Bupati Zairullah Kembali Minta Perhatian Pemerintah…

Pantau Kondisi KM 171, Bupati Zairullah Kembali Minta Perhatian Pemerintah Pusat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BATULICIN – Persoalan KM 171 sampai saat ini belum ada kepastian dari pemerintah pusat, demi membenahi dampak dari longsornya jalan yang hampir 2 (dua) tahun dirasakan oleh masyarakat, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) HM. Zairullah Azhar kembali meminta kepastian dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional agar sesegera mungkin menuntaskan jalan yang sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

“Melalui media kami juga berharap kepada pihak netizen atau masyarakat agar bisa memaklumi kapasitas pemerintah daerah yang sesungguhnya, meski pemerintah daerah juga memaklumi harapan masyarakat agar jalan ini segera dibenahi.” kata Bupati saat memantau langsung jalan alternatif tersebut, Senin (24/6/2024) Kecamatan Satui.

Kembali ditegaskan Bupati, Pemerintah Daerah sifatnya hanya membantu, yang menjadi tanggungjawab adalah Pemerintah Pusat maupun Provinsi.

BACA JUGA :  Sekda Tekankan FAD Tanbu Harus Punya Kompetensi Menuju Persaingan Kedepannya 

“Harapan kita, jalan KM 171 ini segera mendapat perhatian dari pusat, padahal berkali-kali kita di daerah rapat dengan pemerintah pusat dan provinsi, namun belum ada hasilnya sampai sekarang, cuma kita daerah yang terus di salahkan masyarakat dan bertanggung jawab akan hal ini. Padahal ini tanggungjawab nasional,” ujarnya.

“Perbaikan jalan nasional ini sangat lama kita tunggu, sampai hari ini belum ada tanda-tanda atau langkah-langkah di tingkat nasional dalam hal ini pemerintah pusat/Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional,” terang Bupati Zairullah 

Meski sampai saat ini belum ada realisasinya dari Pemerintah Pusat namun Pemerintah Daerah terus berupaya mengambil langkah-langkah untuk perbaikan jalan alternatif seperti menguruk batu pada jalan yang rusak dan lainnya. Hal ini memastikan akses transportasi masyarakat tidak terganggu dan nyaman untuk dilalui pengendara.

BACA JUGA :  Dengan Ramah, Kafilah Tanbu Disambut Pemkot Banjarbaru

Tidak hanya pengurukan batu saja, lanjut Zairullah, dalam waktu dekat  pihaknya akan melakukan pengaspalan pada jalan alternatif.

“Insyaallah dalam satu minggu ini jalan sudah di aspal, dananya sebesar Rp 13 Milyar,” ucapnya.

Sementara itu, Plh Kabid Bina Marga Dinas PUPR Tanbu, Suryadi menambahkan terkait jalan lingkar / alternatif KM 171 Satui akan dilakukan pengaspalan dengan AC Base tebal 8 cm AC-BC tebal 6 cm dan AC-WC tebal 4 cm sepanjang kurang lebih 1,3 KM.

Melanjutkan pekerjaan pengaspalan sebelumnya dengan anggaran tahun 2024 sekitar 13 Milyar. 

“Kurang lebih seminggu kedepan akan dilakukan penanganannya,” pungkasnya. (MHL)

Baca Juga