Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Pemenang Lomba Desa Terima Hadiah

Pemenang Lomba Desa Terima Hadiah

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) mengumumkan juara lomba desa yang diikuti 20 kecamatan se-Banjar. Hadiah langsung diserahkan oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman kepada para juara, Desa Padang Panjang, Pekauman Dalam, dan Pematang Panjang, di Halaman Kantor Bupati Banjar, kemarin.

 

Para jawara lomba desa wajib memenuhi kriteria lomba, pedomannya Permendagri Nomor 81 Tahun 2015. Ada tiga kriteria yaitu pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Hal itu menjadi kunci menjadi pemenang, kendati sejatinya lomba seperti ini untuk mengukur tingkat pembinaan dan kemajuan sebuah desa.

BACA JUGA :  Sebanayk 558 Jukung Meriahkan Festival Pesona Pasar Terapung Lok Baintan 2019.

Menurut Kepala Dinas PMD Aspihani, tiga variabel utama dalam lomba desa adalah bidang pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Ia juga menjelaskan, untuk aspek bidang Pemerintahan meliputi kependudukan, administrasi Pemerintah Desa (Pemdes), keamanan dan ketertiban, tata kelola keuangan, pendidikan, kesehatan, inovasi dalam mengembangkan potensi desanya.

BACA JUGA :  Bupati Banjar Jadi Khatib Iduladha di Masjid Al Karomah

Sedangkan aspek kewilayahan, diantaranya pemetaan rawan bencana dan konflik, luas dan batas-batas wilayah. Adapun, aspek kemasyarakatan mencakup keaktifan PKK, kegiatan keagamaan atau peran serta masyarakat dalam pembangunan di desa dan peran BUMdes dalam meningkatkan pendapatan APBdes.

“Dari 20 kecamatan kita lakukan penilaian ada 5 kecamatan yang menjadi unggulan, sehingga 5 kecamatan ini yang menjadi perhatian kami untuk menjadi juara,”katanya.

Penulis : Muhammad SAIRI

 

Baca Juga