Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Harga Karet Merosot… Guru Khalil Wacanakan Replanting

Harga Karet Merosot… Guru Khalil Wacanakan Replanting

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, JAKARTA – Bupati Banjar H Khalilurrahman melaksanakan kunjungan kerja di Kementerian Perekonomian RI di Jakarta, kemarin. Rombongan Kabupaten Banjar yang terdiri dari Sekda Banjar H Nasrun Syah dan Kepala Dinas Peternakan dan Perkebunan Dondit Bekti Agustiono disambut oleh Asisten Deputi Bidang Perkebunan dan Hortikultura Wilistra Danny.

Kabupaten Banjar mewacanakan mengembangkan Replanting sawit dan karet berbasis kerakyatan. Juga memajukan kakao dan kopi. Replanting adalah penanaman kembali ketika usia pohon terlalu tua dan tidak produktif, istilahnya peremajaan.

BACA JUGA :  PolresTanbu Gelar Apel Gabungan Pengamanan Malam Tahun Baru 2021

pertemuan

“Semua kegiatan replanting ini berbasis kerakyatan. Kita mengupayakan harga karet meningkat,” kata Guru Khalil, kemarin.

Usaha ini membantu para petani perkebunan rakyat sehingga kualitas tumbuhannya meningkat menjadi lebih baik. Sesuai yang direkomendasikan oleh pemerintah. Menurutnya, komoditas karet lebih diarahkan kepada replanting, rata-rata berusia di atas 20 tahun.

BACA JUGA :  Bantuan Ikan Segar, Diskan Bagikan Pada Enam Kecamatan

“Kita harapkan, produksi dan produktivitas karet meningkat. Selanjutnya mendukung keberadaan Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) yang produksi akhirnya berupa RSS (Rubber Smoke Sheet),” kata Guru Khalil.

Menurutnya, Kabupaten Banjar termasuk daerah pengembangan zona karet. Hal itu memerlukan perhatian seperti pemakaian bibit yang berlabel atau bersertifikasi. Cara bertanam baik dan benar serta pemeliharaan, pengelolaan.

Baca Juga