1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Pemkab Banjar Gelar Bimtek Perencanaan Anggaran dan Keuangan Berbasis Aplikasi

Pemkab Banjar Gelar Bimtek Perencanaan Anggaran dan Keuangan Berbasis Aplikasi

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU – Pemerintah Kabupaten Banjar melalui Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Banjar bersama Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Banjarmasin, menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Perencanaan Anggaran dan Keuangan, disalah satu hotel di Banjarbaru, Jumat (6/9/2024) pagi.

Kegiatan yang dilaksanakan dua hari, dimulai pada 6 dan 7 September 2024 tersebut dibuka Bupati Banjar H Saidi Mansyur yang diwakili Asisten Administrasi Umum Rakhmat Dhani, dihadiri Kabid Anggaran BPKPAD Kabupaten Banjar, Fitria Sahriza beserta staf.

Dalam sambutannya Bupati Banjar yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Rakhmad Dhani menyebutkan, pengelolaan keuangan daerah harus dilakukan dengan pendekatan yang lebih modern, berbasis aplikasi yang dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas, seperti Sistem Informasi Pemerintah Daerah Pengelolaan Keuangan Kabupaten Banjar atau yang  dikenal dengan SIPD-Langkar.

BACA JUGA :  Kios Penjahit Sekumpul Ludes Terbakar

“Melalui penerapan SIPD-Langkar ini, kami berharap proses perencanaan dan pengelolaan anggaran di setiap SKPD dapat berjalan lebih cepat, tepat dan terintegrasi, sehingga nantinya akan terwujud pengelolaan keuangan yang sesuai dengan prinsip good governance” ujarnya.

Ia menambahkan, penerapan SIPD-Langkar ini juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang telah dicapai dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA :  Bupati Buka MTQ Tingkat Kabupaten Banjar di Gambut

Predikat tersebut bukan sekadar penghargaan, melainkan merupakan wujud nyata dari kerja keras semua pihak dalam menjaga tata kelola keuangan daerah yang transparan dan akuntabel.

Kepala BPKPAD Banjar melalui Kabid Anggaran Fitria Sahriza menjelaskan, kegiatan ini diikuti seluruh peserta dari SKPD. Turut melibatkan kelurahan, kecamatan, hingga puskesmas. “Diharapkan dari kegiatan ini pengelolaan keuangan di Kabupaten Banjar menjadi lebih baik lagi,”tukasnya.

Baca Juga