1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Bupati Banjar Buka Pelatihan Petani Muda untuk Majukan Pertanian

Bupati Banjar Buka Pelatihan Petani Muda untuk Majukan Pertanian

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, MARTAPURA – Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, menekankan pentingnya regenerasi petani untuk memajukan sektor pertanian saat membuka kegiatan peningkatan kapasitas pemuda melalui literasi keuangan lanjutan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) di Aula KH Kasyful Anwar, Rabu (18/9/2024). Ia menyatakan bahwa pemuda harus didorong untuk terjun ke dunia pertanian guna meningkatkan jumlah dan kualitas petani.

Kabupaten Banjar menjadi salah satu lokasi Program YESS yang bertujuan memberdayakan generasi muda di sektor pertanian. Saidi berharap para petani muda tidak hanya menguasai pengetahuan pertanian, tetapi juga menjadi agen perubahan dalam komunitas agraris. Melalui teknologi dan inovasi, petani muda diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Banjar, Warsita, mengungkapkan bahwa 200 dari 900 petani muda mengikuti pelatihan ini sebagai bagian dari Program YESS yang telah berjalan sejak 2021. Pelatihan meliputi literasi keuangan, motivasi bisnis, hingga proposal usaha. Sebagai stimulus, hibah kompetitif diberikan untuk mengembangkan usaha tani menjadi agribisnis yang lebih menguntungkan.

Warsita juga menyebut bahwa 12 petani muda akan mengikuti program magang ke Taiwan pada November 2024 untuk belajar praktik pertanian di negara maju. Dalam acara tersebut, Bupati Banjar secara simbolis menyerahkan hibah kompetitif kepada perwakilan petani muda.

BACA JUGA :  Revitalisasi Kawasan Sekumpul Dievaluasi

Baca Juga