1. Home
  2. »
  3. Banjar
  4. »
  5. Gali Inovasi, Puluhan Jurnalis dan DKISP Banjar Sambangi Pemkot Surakarta

Gali Inovasi, Puluhan Jurnalis dan DKISP Banjar Sambangi Pemkot Surakarta

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, SURAKARTA – Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Kabupaten Banjar lakukan studi tiru ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (22/10/2024).

Kedatangan mereka ke Diskominfo SP Kota Surakarta langsung disambut Kepala Diskominfo SP Surakarta, Heny Ermawati. Tujuannya adalah untuk menggali berbagai inovasi, utamanya terkait penyebaran informasi untuk pemerintah daerah (pemda).

Kepala DKISP Kabupaten Banjar HM Aidil Basith mengungkapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan berbagai inovasi yang dimiliki Pemkot Surakarta dapat diadopsi untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. “Hari ini kita bersama 37 awak media ingin mengetahui berbagai inovasi yang dimiliki Diskominfo SP Surakarta sekaligus melakukan silaturrahmi,” katanya.

Sementara itu Kepala Diskominfo SP Surakarta Heny Ermawati menjelaskan, di Surakarta pihaknya memiliki berbagai inovasi. Di antaranya pembuatan beberapa aplikasi untuk menunjang kemajuan daerah, serta memberikan layanan internet gratis yang saat ini masih berjalan.

BACA JUGA :  Pemkab Banjar Gelar Rakor SPBE Sebagai Pembuktian Pelayanan Berbasis Digital

“Internet gratis itu bekerjasama dengan telkom, untuk mengcover berbagai tempat, seperti taman pintar dan lain-lain,” ucapnya.

Masa kepemimpinan Wali Kota Surakarta periode 2021 – 2024, Gibran Rakabuming Raka yang kini terpilih sebagai Wapres RI tersebut memiliki aplikasi laporan masyarakat yang ditangani langsung oleh Diskominfo SP Surakarta. “Di masa kepemimpinan Gibran dalam sehari bisa mendapatkan 250 laporan. Namun sekarang hanya berkisar 30 laporan saja,” bebernya kepada awak media.

Heny menjelaskan, terkait kerja sama dengan media melalui kontrak advertorial dan pengiklanan, tidak ditangani Diskominfo SP Kota Surakarta, melainkan protokol komunikasi dan administrasi pimpinan (Prokopim) Setdakot Surakarta.

BACA JUGA :  Kapolda Kalsel ke Martapura, Guru Khalil Puji Kekompakan Forkominda Banjar Dukung Pembangunan

“Pemkot Surakarta juga tidak serta merta memasukan sebuah media untuk kontrak kerjasama, akan tetapi lebih selektif dan koordinasi dengan para jurnalis senior guna menghindari media abal-abal. Tentunya kami melakukan kurasi untuk media yang kami kontrak, dari seleksi hingga pengecekan keaktifannya. Kami juga memiliki admin sosmed yang memiliki pengikut sudah banyak,” jelasnya.

Kegiatan diakhiri dengan saling tukar cinderamata dan foto bersama antara Kepala DKSIP Kabupaten Banjar dan Kepala Diskominfo SP Surakarta, termasuk Kabid IKP Shawly Syahri beserta jajarannya.

Reporter: Riswan Surya | Editor: Nashrullah

Baca Juga