Featured

Pasar Wadai, Warisan Tradisi Orang Dahulu

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Hari pertama dibukanya Pasar Wadai Ramadan, Senin (06/05) petang berlokasi di Jalan Sukaramai, Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar, Senin (6/5) petang dipadati masyarakat. Hanya Ramadan, pasar seperti ini menyuguhkan aneka kue khas Martapura.
Pasar Wadai diresmikan oleh Ketua TP PKK HJ Raudhatul Wardiyah dengan memotong untaian melati sebagai simbolis. Dan didampingi langsung oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman.
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyilakan masyarakat datang ke pasar wadai. Jualan untuk berbuka puasa seperti ini menjadi sarana untuk mengembangkan sekaligus melestarikan budaya Banjar.
“Jaga kualitas, kesehatan dan makan tetap higienis serta harga yang terjangkau bagi masyarakat. Agar, pengunjung tidak jera untuk berbelanja di Pasar Wadai Ramadan Martapura Kabupaten Banjar.” ujarnya.
Sementara Ketua TP PKK Kabupaten Banjar Hj Raudathul Wardiyah berharap. dengan keberadaan Pasar Wadai Ramadan Martapura untuk melestarikan Budaya Banjar. Sekaligus menjadi sarana untuk meningkatkan perekonomian terutama bagi para pedagang di Pasar Wadai Ramadan Martapura.
“Semoga wadai khas kabupaten banjar ini semakin dikenal orang banyak, dan para pedagang juga selalu jaga kebersihan, serta mematok harga yang stabil,” ucapnya.
Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani mengatakan, lapak pasar wadai tetap berjumlah 40 meja. Mereka yang menempati lapak telah didata sejak lama, tujuannya melestarikan budaya atau tradisi masyarakat Kabupaten Banjar.
“Urang Banjar itu suka masak makanan dan kue yang jarang dibuat di hari-hari biasa, hanya pada bulan Ramadan saja, agar masyarakat tahu makanan dan kue tersebut telah dijual di Pasar Wadai Ramadan Martapura” tutur Haris Rifani.

 

Penulis : muhammad SAIRI

lintang

Recent Posts

20 September Nanti, KPU Kabupaten Banjar Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Headline9.com, MARTAPURA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar bakal menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT)… Read More

15 jam ago

Satukan Pemikiran, Fakultas Kehutanan Gelar Seminar Nasional Terkait Aksi Mitigasi Perubahan Iklim Berbasis FOLU

Headline9.com, BANJARBARU - Fakultas Kehutanan Universitas Lambung Mangkurat menggelar seminar nasional, di salah satu hotel… Read More

2 hari ago

Duet LIWAR Fokus Wujudkan Banjarbaru Bersosial dan Berbudaya

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

2 hari ago

Kadinsos P3AP2KB Jalani Proses Pemeriksaan Aduan Disiplin ASN, BKPSDM Banjar: Ini Masih Tahap Awal

Headline9.com, MARTAPURA - Kadinsos P3AP2KB Kabupaten Banjar Dian Marliana dibebastugaskan sementara dan dipastikan tengah menjalani… Read More

2 hari ago

Rakoor Pengelolaan Sampah Desa, DLH Tanbu Inginkan TPS3R Terbangun Ditiap Desa

Headline9.com,  BATULICIN - Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) gelar rapat Koordinasi Optimalisasi… Read More

3 hari ago

Program ‘One District One Product’ LIWAR Dorong UMKM Banjarbaru Mendunia

Headline9.com, BANJARBARU – Pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarbaru, Lisa Halaby… Read More

3 hari ago

This website uses cookies.