Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Kabupaten Banjar Siap Kembangkan Smart City 2019

Kabupaten Banjar Siap Kembangkan Smart City 2019

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, JAKARTA – Gerakan Menuju 100 Smart City telah memasuki tahap ke-3. Di tahun 2019 akan ada 25 kota/kabupaten yang berpartisipasi dalam gerakan ini, termasuk Kabupaten Banjar.

Penandatanganan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019 diselenggarakan pada Rabu, (15/5/2019) di Grand Ballroom Hotel Santika Premiere Hayam Wuruk Jakarta. Penandatanganan dari Kabupaten Banjar dilakukan oleh Penjabat Sekda Banjar Dr I Gusti Nyoman Yudiana.

“Maksud penandatanganan nota kesepahaman untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Sekaligus menjawab permasalahan sekaligus meningkatkan kualitas layanan serta mendorong potensi masing-masing daerah,” terang I Gusti Nyoman Yudiana.

Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian (KISP) Banjar Farid Soufian yang turut serta menyaksikan penandatanganan menjelaskan, Program Smart City dimulai sejak tahun 2017 hingga 2019.

BACA JUGA :  Jalan Hauling di Police Line, Advokat pun Berkomentar

Bertahap melalui mekanisme penyaringan atau seleksi terhadap 514 Kota/Kabupaten se-Indonesia berdasarkan kriteria-kriteria atau syarat-syarat yang telah ditentukan.
Proses penyaringan atau seleksi terbagi atas tiga tahapan.

Tahap pertama dilakukan pada tahun 2017 untuk memilih 25 Kota/Kabupaten, tahap kedua 2018 memilih 50 Kota/Kabupaten, dan tahap ketiga memilih 25 Kota/Kabupaten. Kabupaten Banjar terpilih dalam 100 Smart City melalui proses seleksi tahap ketiga tahun 2019.

“Dengan terpilihnya Kabupaten Banjar dalam 100 Smart City, maka Kabupaten Banjar akan mendapatkan pendampingan dari kalangan akademisi dari Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, STIE Perbanas, dan Badan Pengkajian dan Pengembangan Teknologi (BBPT) serta sejumlah lembaga lainnya,” jelas Farid Soufian.

BACA JUGA :  Diduga Akibat Buruknya System Drainase, Kawasan Pasar Selalu Banjir Jika Hujan Turun.

Pendampingan yang dilakukan juga termasuk menyiapkan master plan yang mencakup Rencana Pembangunan Smart City di Kabupaten Banjar dalam 5-10 tahun ke depan.

Acara tersebut selain dihadiri oleh Menteri Komunikasi Informatika, Rudiantara, juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo; Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Bambang Brodjonegoro; Kepala Kantor Staf Kepresidenan RI, Moeldoko; Dirjen Aptika, Samuel Abrijani; Dirjen Perimbangan Keuangan Kemenkeu, Astera Primanto Bhakti; Deputi II Kepala Staf Kepresidenan , Yanuar Nugroho; dan Ketua APEKSI, Airin Rachmi Diany.
Juga terlihat hadir bersama Penjabat Sekda Banjar yakni Kepala Bappedalitbang Dr. Galuh Tantri Narindra,ST,MT dan Kadis Perindag I Gusti Made Suryawati,S.Sos,MM.

Baca Juga