Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Kenalkan Wisata Susur Sungai Martapura

Kenalkan Wisata Susur Sungai Martapura

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Kabupaten Banjar salah satu dari daerah Kalimantan Selatan yang berjuluk Kota Seribu Sungai. Kini Kabupaten Banjar menggelorakan label wisata pasar terapung di Lok Baintan, dan pelatihan pemandu wisata pasar terapung di Lok Baintan.
Bupati Banjar H Khalilurrahman meminta, dengan program tersebut bisa menciptakan konektivitas wisata susur sungai. Ia berharap, wisata susur sungai segera terwujud, dengan inter-koneksitas wisata sungai mulai dari Banjarmasin sampai ke Martapura
“Tentu saja tiap desa yang dilalui wisata susur sungai harus menggali potensi dan inovasi yang berada di tepi sungai. Contohnya, agrowisata jeruk madang, wisata budaya alam roh. perlu kita bangun bersama, untuk lebih menambah daya tarik wisata susur sungai,” ujar H Khalilurrahman pada kegiatan safari Ramadan di Desa Pemakuan, Kecamatan Sungai Tabuk, Selasa (28/5) lalu.
Adapun, rute wisata susur sungai dari Banjarmasin singgah di beberapa spot wisata di Sungai Tabuk. Kemudian ke Martapura Barat, naik di pelabuhan Martapura Timur atau Martapura Kota, dan lanjut ke masjid Al Karomah atau belanja di Cahaya Bumi Selamat.
“Apabila ini terwujud, bisa meningkatkan perekonomian di Kabupaten Banjar,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut Bupati Banjar juga menyampaikan program pembangunan di Kecamatan Sungai Tabuk di antaranya bidang kesehatan, pendidikan, infrastruktur. Bidang kesehatan seperti pengadaan set komputer SIKDA Puskesmas dan pengadaan sepeda motor roda dua. Bidang Pendidikan penambahan dua ruang kelas baru SMPN 4 Sungai Tabuk dan rehabilitasi rumah Dinas Guru SDN Sungai Tabuk Keramat 2. Sedangkan bidang Infrastruktur perbaikan jalan Desa Sungai Madang, Desa Tanipah, dan Paku Alam, serta konstruksi jembatan Pembantanan.
Selain itu juga Kecamatan Sungai Tabuk juga termasuk Program Serasi (Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani) seluas 4.149 hektare dan Intensifikasi jeruk kurang lebih 20 hektare di Desa Keliling Benteng Ilir.
Pengembangan komoditas strategis bawang merah 1 hektare di Desa Abumbun Jaya, serta cabai besar dan cabai rawit 4 hektare di Desa Pejambuan Sungai Pinang, dan Keliling Benteng. Pada rangkaian acara safari tersebut, Bupati Banjar secara simbolis menyerahkan bantuan untuk Masjid Munawarah, Desa Pemakuan, Kecamatan Sungai Tabuk sebesar Rp25 juta.

BACA JUGA :  Wabup Banjar Hadiri FGD P3DN
BACA JUGA :  Resmikan Tiga Fasilitas Umum, Gubernur Kalsel dan Bupati Banjar ke Paramasan

 

Baca Juga