Satu Lemari Kitab Kuning Urung Terbakar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

MARTAPURA – Kebakaran hebat yang menghanguskan 6 unit rumah di Murung Keraton, tepat di belakang Masjid Al Karomah Martapura dini hari kemarin, (25/9) tadi membuat panik ratusan warga setempat. Warga langsung geger menyaksikan api yang cepat membesar dan membumbung tinggi.

Lokasi sempit dan padat makin membuat barisan pemadam kebakaran sulit mengakses, si jago merah terus menyala membakar rumah berbahan kayu. Berkat kerja keras seluruh relawan, api berhasil dikuasai sekitar 1,5 jam kemudian. Sampai subuh kemarin, petugas terus membasahi puing kebakaran.

Kesigapan BPK Diapresiasi Guru Khalil

Salah satu yang membuat takjub, sebanyak 1 lemari kitab kuning di lantai dasar rumah H Fadli masih utuh dari kebakaran. Kendati tidak bisa lagi digunakan, karena tiap lembar isi kitab arab gundul basah dan bekas terbakar di ujung lembaran yang tidak ada tulisan huruf hijaiyah. Seluruh kitab-kitab tersebut sejatinya milik H Abdus Salam, anak Fadli yang mengajar di Bangun Jaya Pesayangan dan Pondok Pesantren An Nur  Sekumpul.

BACA JUGA :  Kecamatan Telaga Bauntung Latih Aparat Desa

“Sebenarnya ada 2 lemari kitab di rumah, di lantai atas habis tidak tersisa. Justru kitab di bawah yang selamat,” ungkap Ustaz Abdus Salam.

Kitab tersebut kenang-kenangan waktu lajang dan masih nyantri di pondok pesantren, setelah kawin dan tinggal di rumah mertua seluruh buku agama dibagi. Sebagian kitab dibawa ke rumah mertua, sisanya dititipkan di rumah orang tua. ”Tapi kitab ini tidak bisa dipakai, karena rusak setelah kena siram dan ditumpuk-tumpuk ketika proses pemadaman api,” ungkap Abdus Salam.

BACA JUGA :  DKISP Gelar Workshop Satu Data Statistik Sektoral

Guru Khalil yang mengunjungi keluarga H Fadli langsung memberikan bantuan kepada H Abdus Salam berupa uang tunai dari kocek pribadinya. Santunan yang diberikan ujarnya bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang mengalami musibah.  Adapun bantuan yang diberikan adalah selimut, makanan cepat saji, dan uang tunai.

Turut hadir Ketua TP PKK Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, Wakil Ketua DPRD Banjar H Iqbal Khalilurrahman, Sekda Banjar H Nasrun Syah, Kepala BPBD Banjar M Irwan Kumar, Kadis Kominfo Banjar M Farid Soufian, dan Kasatpol PP Banjar H Ahmadi. Kronologis kebakaran langsung disampaikan oleh Camat Martapura Achmad Junaidi.(MAS)

 

Baca Juga