Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Tiga Bidang Disperindag Banjar Gelar Pelatihan Serentak

Tiga Bidang Disperindag Banjar Gelar Pelatihan Serentak

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Sebanyak 50 orang dari IKM Kecamatan Martapura, Martapura Barat, Martapura Timur, dan Karang Intan mengikuti tiga jenis pelatihan yang digelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar. Kegiatan ini langsung dibuka oleh Ketua Dekranasda Banjar Hj Raudhatul Wardiyah di Aula Disperindag, Senin (8/7) siang.IMG 20190708 WA0051
Bidang Agro Kimia memfokuskan menambah keterampilan ibu rumah tangga mengolah dan mengembangkan Kerupuk dan ikan kering. Sedangkan Bidang Industri Logam, Mesin,. Elektronika dan Aneka (ILMEA) meningkatkan keahlian membuat Kerajinan Manik-Manik. Dan, Bidang Pengawasan Perdagangan dan Kemetrologian menggandeng pengusaha kecil mengolah perhiasan casting. Tempat pelatihan juga di tiga tempat terpisah.
“Pelatihan ini usulan masyarakat pelaku IKM makan minuman dan industri kerajinan yang coba di akomodir oleh pemerintah melalui Disperindag Banjar,” jelas Ketua Dekranasda Banjar Hj Raudhatul Wardiyah, kemarin.
Pelaku IKM Banjar tegas Raudhatul Wardiyah harus kuat bersaing meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan produk yang penuh inovasi. Industri makan minuman dan industri kerajinan yang dilatih masuk golongan kelompok industri kecil atau home industry. Karakteristik pengelolaan usaha masih sederhana, organisasi belum tertata, SDM rendah. Kurangnya permodalan, belum memiliki legalitas serta terbatas jangkauan pasar.
Sedangkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Banjar I Gusti Made Suryawati menjelaskan, pembinaan salah satu elemen penting mengembangkan industri kecil dan menengah. Cara itu untuk memajukan lebih kreatif dan berdaya saing. Contoh sederhana untuk industri kecil menengah belum ditunjang dengan kemasan.
“Pengetahuan yang diraih setelah latihan jangan berhenti, harus dikembangkan dan mendalami pengetahuan serta berinovasi,” pungkasnya.

BACA JUGA :  Danau Temiyang Tambah Beberapa Sarana Baru
BACA JUGA :  Waspada Adu Domba Politik dan Tingkat Kerawanan Pemilu 2019 di Kalsel, Pangdam Mulawarman Bertemu Kapolda dan Gubernur

 

Baca Juga