Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Guru Zainal Ilmi, Ulama Lembut Terkenal dengan Kata “Inggih” dan…

Guru Zainal Ilmi, Ulama Lembut Terkenal dengan Kata “Inggih” dan “Pun”

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

 

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Ribuan umat Islam Kabupaten Banjar memperingati Haul ke-63 Tuan Guru H Zainal Ilmi di Musala Hidayah, samping rumahnya, Desa Dalam Pagar Ulu, Martapura Timur, Senin (15/7) siang. Turut hadir Bupati Banjar H Khalilurrahman Bersama ulama Martapura.

Kisah hidup Zainal Ilmi kaya hikmah dan jadi panutan. Tuan guru ini sangat rendah hati, tawadu, dan pemurah, serta penyayang. Tiap kalimat yang keluar dari mulut beliau pasti menyejukkan hati. Para murid dan orang yang sempat bertemu dengan beliau ingat dengan kata “Inggih” dan “pun” tiap berbincang dengan tamu atau murid.

BACA JUGA :  Dispersip Banjar Musnahkan Arsip Tak Bernilai Guna

“Ini menunjukkan kerendahan hati yang patut dicontoh, Tuan Guru H Zainal Ilmi seorang pemurah, menyantuni fakir miskin dan janda, tapi tidak seorang pun mengetahui kecuali kepercayaannya. Amal ini baru diketahui setelah beliau wafat,” ujar Ustaz H Ahmad Daudi membacakan manakib Tuan Guru H Zainal Ilmi.

BACA JUGA :  Selesai Maret , Juni Aspal Jembatan Paringin Retak

Sedangkan Bupati Banjar H Khalilurrahman mengharap seluruh alim ulama, tokoh masyarakat dan pemuda ikut menghargai perjuangan seorang ulama. Peran ulama Martapura ujarnya sangat berperan mencegah pemahaman atau aliran menyesatkan. Apalagi ajakan berjihad dan dijamin masuk surga tapi intinya merusak atau memecah belah umat Islam.

“Mari bersama-sama berpartisipasi dalam mengantisipasi menyebarnya aliran-aliran, pemahaman yang tidak sesuai dengan ajaran agama kita,” imbuh nya.

Baca Juga