Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Cinnamon, Program Mahasiswa Apoteker Kenalkan Tanaman Obat

Cinnamon, Program Mahasiswa Apoteker Kenalkan Tanaman Obat

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Anak perkotaan relatif tidak mengenal dan memahami jenis tanaman obat tradisional. Apalagi cara pemanfaatan yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit.

Sehingga, diperlukan solusi untuk meningkatkan pengetahuan anak-anak. Minimal mengenalkan mereka kepada tanaman obat tradisional.IMG 20191013 WA0025

Melalui aksi Cinamon atau Cinta Tanaman Obat Tradisional pada mahasiswa PSPA ULM Angkatan VI bekerja sama dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Skema Pembiayaan PNBP ULM mengenalkan tanaman tradisional obat.

Sasarannya adalah siswa didik sekolah dasar. Media belajar dibuat gembira dan menyenangkan.

IMG 20191016 000613
Cinnamon dilaksanakan pada Sabtu, 12 Oktober 2019 di SDN 3 Komet Banjarbaru. Target sasaran kelas 2, 3 dan 4.

BACA JUGA :  Hormati Malam Nisfu Syaban, Rekap Suara di Martapura Timur Libur. Sambung lagi 22 April

Kegiatan dimulai pada pukul 08.00 WITA dengan dibuka oleh kepala sekolah SDN 3 Komet Banjarbaru di halaman utama sekolah.

Kemudian anak-anak diarahkan ke dalam kelasnya masing-masing. Mereka menerima materi tentang tanaman obat tradisional.

Metode penyampaian materi bervariasi dan disesuaikan dengan tingkatan kelasnya. Seperti memasangkan nama toga dengan gambarnya. Menyesuaikan nama toga berdasarkan manfaatnya.

Dilanjutkan susun kata, praktik pengolahan lidah buaya dan daun cocor bebek, serta praktik penanaman jahe di halaman sekolah.

Anak-anak juga dilibatkan langsung dalam proses penataan taman toga di sekolah mereka serta penempelan nama-nama tanaman beserta manfaatnya.

Karena materi disampaikan penuh riang gembira, proses belajar disambut dengan antusias. Respons mereka sangat. Bahkan guru dari SDN 3 Komet Banjarbaru tidak kehilangan semangat sampai berakhir Cinnamon.

BACA JUGA :  Ratusan Tenda, Ribuan Peserta Meriahkan Hari Jadi Pertama CAF Kalsel

Program Cinnamon diikuti oleh 153 peserta didik sari SDN 3 Komet Banjarbaru. Terdiri dari 43 siswa kelas 2, 59 siswa kelas 3 dan 51 siswa kelas 4.

Kegiatan dituntaskan sekitar pukul 11.30 WITA dan ditutup dengan sesi foto bersama. Dilanjutkan penyerahan tanaman toga secara simbolis oleh mahasiswa PSPA ULM kepada kepala sekolah SDN 3 Komet Banjarbaru.

Melalui kegiatan Cinnamon tersebut diharapkan anak-anak sekolah dasar, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan mengenal tanaman obat tradisional. Tanaman obat sangat banyak di lingkungan sekitar.

Baca Juga