Ini Penerapan TIK di Kota Banjarbaru.

headline9.com, BANJARBARU – Untuk membangun generasi yang berkarakter Pemerintahan Koya Banjarbaru terus mengali berbagai potensi yang dimiliki Kota Banjarbaru, salah satunta melalaui Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendidikan dan Kebudayaan, hasilnya sudah ada beberapa penghargaan yang di raih.

Pendayagunaan TIK Pendidikan dan Kebudayaan ini memiliki visi dan misi yang jelas. Visi yang ingin dicapai adalah untuk terwujudnya Kota Banjarbaru sebagai Kota Pelayanan yang Berkarakter.

Sedangkan Misinya adalah untuk mewujudkan sumber daya manusia yang terdidik, sehat, berdaya saing dan berakhlak mulia. Juga meningkatkan penyediaan infrastruktur perkotaan yang merata, cerdas dan berwawasan lingkungan.

Tidah hanya itu saja, misi lainnya adalah memperkuat kemandirian, peningkatan kerjasama investasi, penyediaan prasarana dan sarana perekonomian, peningkatan kelembagaan dan peluang kewirausahaan. Melaksanakan reformasi birokrasi yang berorientasi kepada pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi informasi, dan memperkuat cipta kondisi masyarakat yang aman, nyaman dan tertib.

Visi dam misi tersebut didukung dengan rencana strategis (Renstra), seperti yang tertuang pada Renstra Perubahan 2016-2021 Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru adalah sebagai tindak lanjut perencanaan pada tingkat SKPD yang bertujan mendukung dan mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Banjarbaru seperti yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Banjarbaru 2016-2021, khususnya pada bidang pendidikan dan merujuk kepada Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sedangkan dalam pelaksanaan dan pemanfaatan TIK di Kota Banjarbaru diantaranya seperti untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online dari jenjang SMP, SMA dan SMK.

Begitu juga dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) pada jenjang SMP Sederajat dan SMA sederajat, yang sudah berlamgsung selama beberapa tahun.

Penerapan lainnya adalah pembelajaran secara elektronik E-LEARNING dengan
Library Integrated System (LIS), pada sistem ini sistem pembelajaran yang dilaksanakan dengan memanfaatkan TIK dalam proses belajar mengajar.

Sistem ini jugasudah mulai berjalan dan dikembangkan di Kota Banjarbaru dengan menggunakan beberapa sumber baik dari kementrian pendidikan maupun swasta, antara lain seperti https://belajar.kemdikbud.go.id/ dan lain sebagainya.

Sistemcadministrasi juga sudah disentuh dengan e-administrasi. Penerapan administrasi elektronik di Kota Banjarbaru seperti E Raport SMP, dengan Berbasis sistem informasi web interface sebanyak 75 Aplikasi (Manajemen Kepegawaian, Keuangan, Pelayanan, Administrasi dan Manajemen Umum) serta 60 Website layanan publik yang terintegrasi satu pintu pada data center pada http://diskominfo.banjarbarukota.go.id

Inovasi dan pengembangan lainnya adalah Scholl smart system adalah aplikasi yang manajemen sekolah yang semuanya audah berbasis aplikasi.