Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Program Serasi Diharapkan Dapat Meningkatkan Hasil Panen.

Program Serasi Diharapkan Dapat Meningkatkan Hasil Panen.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLLINE9.COM, MARTAPURA-Program Selamatkan Rawa Sejahterakan petani (Serasi) yang menyasar peningkatan Indeks Pertanaman (IP) dan produktivitas pertanaman padi di lahan rawa Kalimantan Selatan terus digenjot oleh pemerintah.

Salah satunya Pememrintah Kabupaten Banjar, melalui Dinas Tanaman Pangan Holti Kultura, yang baru saja  menggelar tanam perdana padi di Desa Keramat dan Keramat Baru, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, Jumat (22/11/2019)

Tanam perdana ini merupakan dari program Selamatkan Rawa, Sejahterakan Petani  (Serasi) yang langsung dibentuk oleh kementrian pertanian Republik Indonesia.

“ Ini program yang dari pusat untuk masyarakat, untuk di desa keramat ini ada 60 hektar yang masuk dalam program serasi,” ujar Ramdani, Kasi Tanaman Pangan Holti Kultura.

BACA JUGA :  Dua Nakes RSD Idaman Banjarbaru Raih Penghargaan Tingkat Nasional

Lahan tersebut merupakan lahan milik warga, yang setiap tahunnya selalu aktif dalam bertani setiap tahunnya.

“ Untuk di wilayah martapura timur sendiri ada sekitar 235  hektar lahan yang masuk dalam program serasi,” ucapnya.

Ramdani juga mengatakan, bibit yang ditanam ini merupakan bibit unggul yang dalam jangka waktu 3 bulan, sudah dapat bisa dipanen.

“ Memang dulunya disini air sangat cepat naiknya, tapi  Sekarang sudah ada normalisasi di wilayah sini, karena itu saya yakin, air tidak akan cepat masuk,” jelasnya.

BACA JUGA :  Baleho Dugaan Kampanye Hitam Denny Indrayana Nangkring dekat Bundaran Lianganggang

Ditambahkannya, program serasi untuk wilayah Kabupaten Banjar ini diterapkan di 11 kecamatan, dengan total luas lahan 25 ribu hektar.

Sementara itu Sekretaris Camat Martapura Timur Ahmad Baihaqi, SP mengatakan, program serasi ini sangat baik bagi para petani yang ada di wilayah Martapura Timur. Selain hasil yang bagus, juga dapat meningkatkan penghasilan bagi para petani.

“ Alhamdulillah, kita sangat bersyukur program serasi ini ada di wilayah kita. Dan semoga dapat mensejahterakan para petani kita,” ucapnya.

penulis  M Sairi

Baca Juga