Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Jokowi: Pengelolaan Sampah di Kalsel Patut Ditiru Daerah Lain.

Jokowi: Pengelolaan Sampah di Kalsel Patut Ditiru Daerah Lain.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM.BANJARBARU – Tiba di Kalimantan Selatan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) langsung meninjau TPA Regional Banjarbakula, Jokowi datang untuk meresmikan tempat pembuangan akhir di kawasan Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru pada Jumat (07/02/20) Sore.

Tidak hanya Jokowi saja, Menkopolhukam Mahfud Md, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono, dan Sekretaris Militer Presiden, Mayjen TNI Suharyanto turut hadir dalam peresmian TPA Banjarbakula ini.

Diketahui TPA tersebut dibangun sebagai sistem sanitasi perkotaan yang sangat dibutuhkan seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. TPA Sampah Regional Banjarbakula mampu menampung 790 ton sampah per hari yang dihasilkan oleh kurang lebih 475.000 jiwa di lima kabupaten/kota di kawasan Metropolitan Banjarbakula.

BACA JUGA :  Kantor Setdako Banjarbaru Distrilisasi

“Saya mengapresiasi ada model TPA yang bisa melibatkan lima Kabupaten/Kota yang ada di Kalsel. Karena itu, saya langsung berkunjung ke TPA Regional Banjarbakula ini,” Ujar Jokowi.

Jokowi menyampaikan bahwa pengelolaan sampah tidaklah mudah. Seiring bertambahnya jumlah penduduk, penataan TPA perlu ditata dengan baik dan memiliki fasilitas dan teknologi yang modern, serta manajemen yang baik.

“Sampah itu bukan persoalan sepele. Ribuan ton sampah, banyak yang tidak tertangani dengan baik dan telah menyebabkan musibah,”lanjutnya

BACA JUGA :  Guru Khalil Putuskan Mundur Dari Pilkada 2020

Jokowi juga menyampaikan pengelolaan sampah di Kalsel patut ditiru daerah lain.

“Tidak perlu ada ego kedaerahan. Apa yang telah dilakukan Gubernur Kasel bisa menjadi contoh bagi provinsi lain,”tegas Jokowi.

Jokowi kemudian bergerak ke area berikutnya melakukan penanaman Pohon Meranti. Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan hibah dua alat berat oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Esok pagi, Jokowi akan menanam pohon di Hutan Pers Taman Spesies Endemik Indonesia.Di hari yang sama akan menghadiri puncak Hari Pers Nasional 2020 di Kompleks Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

Penulis: Putri.

Baca Juga