Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Disbudpar Kabupaten Banjar Turut Berpartisipasi Dalam Haul ke-15 Abah Guru…

Disbudpar Kabupaten Banjar Turut Berpartisipasi Dalam Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Selama tiga hari penuh Pos Informasi Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul yang bertempat di terminal kedatangan Bandar Udara Syamsuddin Noor dibuka untuk melayani Jemaah. Posko informasi tersebut meminjam sebagain kecil  tempat Tourist Information Center (TIC) Airport.

Tidak ada spanduk dan baleho mencolok di pos informasi tersebut. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjar hanya dibolehkan meletakkan X Banner. Media informasi mini tersebut menerangkan siap memberikan bantuan kepada Jemaah haul yang baru pertama kali tiba di Kalimantan Selatan dengan tujuan Martapura.

Kabid Pemasaran Pariwisata (Disbudpar) Banjar Badiah menyampaikan, pelayanan berlangsung selama tiga hari. Menerjunkan petugas yang berpengalaman dari Disbudpar Banjar bersama Nanang dan Galuh Banjar. Petugas dibagi menjadi dua shift, tugasnya bergantian sejak jam 8 pagi sampai 9 malam.

BACA JUGA :  Warga Desa Karang Sari Takkan Lupa Jasa Zairullah Azhar

Stand mini tersebut sangat diperlukan oleh Jemaah haul yang tiba di Bandara. Petugas bisa mengarahkan Jemaah yang berniat datang ke haul namun belum mengetahui seluk beluk lokasi menginap. Solusi yang ditawarkan petugas mengirim mereka beristirahat dan penginapan gratis. Bahkan sering dikirim langsung ke kantor Disbudpar Banjar yang juga jadi lokasi penginapan gratis.

“Kerja sama dengan Angkasa Pura dan Dinas Pariwisata Provinsi telah berlangsung selama 3 tahun. Kita selalu diberikan ruang untuk membuka posko informasi di Airport, dan nanti kita juga akan membagikan tasbih kepada para jamaah haul yang datang melalui jalur udara,” ujar Badiah di Martapura, Rabu (19/02/2020) siang.

Dikatakan Badi’ah, selain membuka posko di Bandara, pihaknya juga membuka posko lainnya, total ada tiga posko yang dibuka oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banjar. Yakni posko di Bandara Syamsudin Noor, Posko di Pusat Perbejlanjaan Sekumpul, dan Posko di kantor Disbudpar.

BACA JUGA :  Pasar Galuh Cempaka, Ditargetkan Beroperasi Desember 2019.

“Untuk posko di kantor, kita dapat menampung sekitar 200 jamaah. Dan kita juga menyiapkan tenaga untuk melayani para jamaah yang menginap di kantor,” ujarnya.

Selain berpartisipasi dalam menyambut para jamaah, nantinya Dibudpar juga akan melakukan aksi bersih-bersih di seputaran sekumpul pada senin pagi setelah acara haul selesai. Selain menurunkan semua karyawan dan karyawati disbudpar, nantinya pihak pewadahan Nanang Galuh semua Angkatan juga akan dilibatkan, serta pokdarwis sekabupaten banjar juga akan dilibatkan dalam aksi bersih-bersih itu.

 

Penulis: M Sairi.

Baca Juga