Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Praktik Lapangan, Pramuka Kunjungi BPTH

Praktik Lapangan, Pramuka Kunjungi BPTH

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,BANJARBARU – Persemaian Permanen BPTH kembali menjadi tempat kunjungan lapangan. Kali ini, tujuh orang anggota Saka Wanabakti Dinas Kehutanan Kalsel, melakukan praktik lapangan, pada Minggu (23/2).

Dalam kunjungan yang diketuai Nur Arie Fajriati tersebut, mereka belajar tentang materi dan praktik perbenihan tanaman hutan dibawah bimbingan Manajer Persemaian Akhmad Effendi.

Saat penyampaian materi, Fendi, sapaan manajer persemaian, menjelaskan fungsi persemaian (nursery) sebagai tempat untuk memproses benih (atau bahan lain dari tanaman), menjadi bibit atau semai yang siap ditanam.

“Persemaian permanen biasanya berukuran luas dan lokasinya menetap. Contohnya persemaian kita ini seluas 5 hektare di areal Taman Hutan Hujan Tropis Indonesia, kawasan pusat perkantoran Pemprov Kalsel,” ujarnya.

BACA JUGA :  Aditya : Nilai-nilai Pancasila Dapat Diterapkan Dikehidupan Sehari-Hari

Sasaran pelayanan, juga diterangkan Fendi. Persemaian ini mampu melayani areal penanaman yang cukup luas. “Selain itu, persemaian ini digunakan untuk jangka waktu yang lama, minimal 25 tahun,” terangnya.

Dalam praktik perbenihan ini, Fendi mengajak para anggota Pramuka melakukan praktik budidaya. Kegiatan ini menentukan tahap kegiatan selanjutnya. “Mulai dari tahapan penyemaian benih di bedeng semai, terus ke bedeng sapih, harus selalu dalam kontrol ketat. Tujuannya agar saat aklimatisasi nanti di open area, bibit mampu beradaptasi dengan kondisi lapangan,” tuturnya.

Anggota pramuka juga diajak melihat kandang kambing. Ini menjadi daya tarik tersendiri. Karena pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan itu, untuk sekadar memberi makan maupun berswafoto.

BACA JUGA :  Bernhard Pastikan Bandara Terapkan Protokol Kesehatan

Dikatakan Fendi, pemeliharaan hewan ini adalah inisiasi Kadishut Kalsel, Hanif Faisol Nurofiq. “Ide besar beliau adalah persemaian mampu menjadi contoh nyata penggerak roda perekonomian. Kotorannya dapat dijadikan pupuk, dan penyediaan pakan yang berlimpah di persemaian,” paparnya.

Para anggota Pramuka terkesan dengan kegiatan ini. Tak lupa mereka berterima kasih kepada Fendi dan kawan-kawan yang telah meluangkan waktu. Arie, salah satu peserta menuturkan ia sangat bersemangat.

“Saya mewakili rekan-rekan berterima kasih kepada BPTH atas kesempatan ini. Kegiatan praktik ini, selain menambah wawasan, juga merupakan pengalaman baru bagi kami,” tandasnya. (putri)

Baca Juga