Komisi IV Gelar RDP Bersama Disdik Banjar

0 Shares

HAEDLINE9.COM, MARTAPURA- Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banjar menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama salahsatu mitra kerjanya yakni Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar.

Dalam RDP tersebut Kepala Dinas Pendidikan Maidi Armansyah memaparkan, bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar berencana akan mengimplementasikan tigs terobosan program pendidikan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Terobosan pertama yang akan kita terapkan di 2021 nanti yakni, penghapusan Ujian Nasional yang sebelumnya menjadi metode untuk syarat kelulusan siswa baik ditingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA), diganti dengan mekanisme penilaian kompetensi minimum dan survei karakter yang tentunya, penghapusan UN ini akan lebih memerdekakan guru dan sekolah dalam mengakses keberhasilan penyelenggaraan pendidikan dilingkungan sekolahnya mereka,” ujarnya.

Sedangkan, untuk trobosan kedua, dipaparkan Maidi, Disdik Kabupaten Banjar akan menerapkan penghapusan Prosedur Operasional Standar (POS) pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

“Tapi, kami masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) – nya seperti apa nantinya? Secara prinsip sekolah sudah siap, kalaupun ada sekolah yang masih belum siap untuk membuat soal sendiri, Disdik Kabupaten Banjar siap untuk memfasilitasinya,” akunya.

Begitupun terhadap penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang menjadi salah satu trobosan inisiatif Kemendikbud RI yang didedikasikan untuk para guru guna meringankan beban administrasi guru yang terlalu banyak menyita waktu. Diakui Maidi sudah diterapkan beberapa guru di Kabupaten Banjar.

“Sebelumnya RPP ini kan terdiri dari 13 komponen. Kini dipersingkat menjadi 3 kompenen inti, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan asesmen atau penilaian pembelajaran. Dengan begitu, guru tidak hilang fokus terhadap pengajar karena terlalu ribet dengan administrasi,” ucapnya.

BACA JUGA :  Balap Liar Resahkan Masyarakat Banjarbaru.
BACA JUGA :  Rofiqi Sindir Anggotanya.

Sementara Ketua Komisi IV Syarwani menyambut baik apa yang dipaparkan oleh Kepala Dinas Pendidikan tersebut. Menurutnya, setiap dinas harus memiliki terobosan yang tujuannya untuk membangun dan memajukan daerah.

“Saya sangat mendukung terobosan dari disdik ini, kita melihat disini ada upaya untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Banjar,” ucapnya.

Penulis: M Sairi.

0 Shares

Terbaru

Plt Gubernur Kalsel Serahkan Dipa Seluruh Kabupaten/Kota

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Plt Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Rudy Resnawan menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Rincian Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana...

Wakapolda Kalsel Cek Gudang Logistik KPU Banjarbaru Dan Kunjungi Polres Banjarbaru

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 9 Desember 2020 mendatang, Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono, S.I.K., M.Si. mengecek gudang logistik milik...

Antisipasi Lonjakan Covid-19, Pjs Walikota Banjarbaru Pimpin Rakor

Headline9.com, BANJARBARU - Pjs Wali Kota Banjarbaru Dr Bernhard E Rondonuwu, memimpin Rapat Koordinasi Antisipasi Penyebaran Covid-19 dan Kesiapan Pilkada di Kota Banjarbaru,...

DPD RI Monitor Persiapan Pilkada

HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Dalam rangka pengawasan dan pelaksanaan Pilkada 2020, pimpinan dan anggota DPD RI melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kalsel diruang rapat Aberani...

Artikel Terkait

%d blogger menyukai ini: