Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Featured
  4. »
  5. Presiden Jokowi Pimpin Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara

Presiden Jokowi Pimpin Rakornas Pengendalian Karhutla di Istana Negara

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

HEADLINE9.COM,MARTAPURA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan dalam rapat koordinasi nasional (Rakornas) upaya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan Lahan tahun 2020 di Gedung Istana Negara, Jakarta, Kamis (6/2/2020).

Jokowi tampak didampingi Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri LHK Siti Nurbaya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kapolri Jenderal Idham Azis, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala BNPB Doni Munardo.

Dalam arahannya pembukanya, Presiden Jokowi mengatakan Rakornas upaya peningkatan pengendalian kebakaran hutan dan Lahan tahun 2020 ini sama dengan tahun sebelumnya.

Dimana selalu dikoordinasikan dari tingkat pusat hingga daerah untuk menanggulangi kemungkinan munculnya api di wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA :  Serba Salah Perbaiki Jembatan Artain - Benua Riam

Presiden mengatakan, pertemuan ini adalah kegiatan rutin yang biasa dilakukan tiap tahun. Pertemuan ini penting untuk dilakukan untuk mengantisipasi karhutla khususnya memasuki musim kemarau.

“Ini pekerjaan rutin yang kita hadapi dari tahun ke tahun dan setiap akan memasuki bulan kemarau, kita selaku berkumpul di sini,” ucap Jokowi di lokasi.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Irwan Kumar saat diwawancarai mengatakan, seluruh elemen yang ada baik pemerintah, swasta dan masyarakat wajib untuk meningkatkan kegiatan pencegahan dan kesiapsiagaan dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan.

BACA JUGA :  Minim Sarana, Penanganan Karhutla Gunakan Perlengkapan Manual

“Agar dapat mendukung progam pemerintah RI untuk menurunkan hotspot atau titik panas setiap tahunnya, serta siap untuk dimobilisasi dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan, dengan dukungan tenaga, peralatan dan dana yang cukup guna mendukung upaya pemadaman dini hingga pemadaman lanjutan secara tuntas,” katanya.

Hadir pula dalam acara Rakor tersebut Menko PMK Muhadjir Efendy, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menkominfo Jhonny G Plate, Mendagri Tito Karnavian, serta sederet pejabat terkait. (*)

Baca Juga