Banjar Kembangkan Wisata Air di Sungai Rangas

Headline9.com, MARTAPURA, Kabupaten Banjar banyak memiliki obyek wisata yang bisa dikunjungi. Salah satunya wisata sungai yang ada di Desa Rangas Tengah.

Guna kenyamanan para pengunjung yang datang, Pemerintah Kabupaten Banjar terus membangun berapa sarana dan prasarana penunjang.

Di lokasi ini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati obyek wisata alamnya, tetapi juga bisa menyaksikan wisata budaya lokal.

Wisata alam disini, pengunjung bisa menikmati susur sungai melalui sarana dan fasilitas yang telah ada. Baik itu melalui bangunan siring, getek penyeberangan atau pun hanya menikmatinya dengan duduk di gazebo yang ada di lokasi wisata Sungai Rangas.

Di lokasi ini juga ada spot untuk berfoto dan arena bermain untuk anak-anak.

Sebelum pandemi, di lokasi ini serin dilakukan pergelaran budaya lokal. Bahkan dalam setahunnya bisa digelar beberapa kali kegiatan.

Kegiatan budaya lokal itu diantaranya lomba dayung, dan festival jukung hias.

Ke depannya, selain mengembangkan wisata sungainya juga akan di kembangkan konsep wisata edukasi dengan muatan lokal.

Muatan lokal sambil belajar itu seperti menanam padi, bakacal menangkap ikan, main badungsuran lumpur.

Wisata ini juga mendapatkan dukungan positif dari Pemerintah Desa Sungai Rangas Tengah dan Dinas Kebudayaan dan pariwisata Kabupaten Banjar serta masyarakat setempat.

Untuk kesiapan adaptasi dan tatanan normal baru di masa pandemi covid 19, melalui bidang pemasaran telah di sosialisasikan protokol kesehatan di lokasi wisata, dan di bantu beberapa peralatan penunjang protokol kesehatan dan kebersihan, dan panduan informasi kesehatan.**