Pencairan Gaji ASN Banjarbaru Terlambat

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Gaji 4 ribu lebih aparatur sipil negara di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, mengalami keterlambatan pencairan gaji di Januari 2021.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Kota Banjarbaru Zainudin, menjelaskan keterlambatan itu sebabkan adanya pergantian sistem aplikasi baru yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat. Dimana sebelumnya menggunakan aplikasi Simda, beralih ke Sistem Informasi Pengelolaan Keuangan Daerah (SIPKD).

“Karena itu kami masih terus melakukan koordinasi dengan pihak pemerintah pusat agar pembayaran gaji ASN dapat dilaksanakan secepatnya dengan menggunakan sistem manual,” ujar Zai sapaan akrabnya saat ditemui diruangannya, Selasa (5/1/2021) siang.

Selanjutnya, sistem pembayaran gaji ASN Banjarbaru akan tetap menggunakan sistem aplikasi yang sudah diterapkan oleh pemetintah pusat. Sehingga pembayaran gaji kedepannya akan lebih cepat dan tidak mengalami keterlambatan.

“Kemarin ada rakor dengan Depdagri. Karena sistem (SIPD) belum siap, diperkirakan tanggal 6-7 baru siap,” katanya.

Ia menambahkan, pencairan gaji akan dimulai besok, apabila sudah siap.

Selain itu, pihaknya juga akan melaksanakan inventarisasi terhadap seluruh aset milik pemerintah daerah secara bertahap, sehingga statusnya jelas dan tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.