Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Banjarbaru
  4. »
  5. Jokowi Resmikan SPAM Banjar Bakula

Jokowi Resmikan SPAM Banjar Bakula

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

Headline9.com, BANJARBARU– Presiden RI Joko Widodo resmikan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Banjarbakula, di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru Jumat (17/03/2023).

SPAM Banjarbakula dibangun dengan anggaran Rp787 miliar, akhirnya bisa dinikmati masyarakat di 5 Kabupaten/Kota, yakni Banjarbaru, Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Barito Kuala.

Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan, agar SPAM Banjarbakula ini harus digunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Pasalnya, pembangunan SPAM ini telah menelan anggaran yang sangat banyak.

“SPAM Banjarbakula yang telah dibangun di sini adalah tahap kedua. Dan SPAM ini bisa menyuplai 60.000 rumah tangga yang memerlukan air minum,” ujarnya

BACA JUGA :  Banjarbaru Jalankan Langkah Pengendalian Covid-19

Presiden RI melanjutkan, SPAM Banjarbakula mengambil bahan baku dari air Sungai Riam Kanan yang lokasinya berjarak kurang lebih 20 kilometer.

“Air Sungai Riam Kanan dibawa ke sini, diolah sampai bersih kemudian di suplai ke 60.000 rumah tangga tadi yang tersebar di 5 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Sementara itu, Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Diana Kusumastuti menyampaikan, pembangunan SPAM Banjarbakula ini dimulai sejak tahun 2014 hingga 2022.

“Alhamdulillah sudah kita serah terimakan pada Juni 2022 kepada Pemerintah Provinsi Kalsel. Sedangkan SPAM Banjarbakula ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan kapasitas masing-masing 250 liter dan 500 liter per detik. Jadi total kapasitas sebesar 750 ribu per detik” katanya.

BACA JUGA :  Banjarbaru Kaji Penerapan PSBB

Diana juga menyampaikan, bahwa SPAM Banjarbakula ini pertama di Kalimantan yang dimanfaatkan secara regional.

“SPAM Banjarbakula ditargetkan akan melayani sebanyak 74.202 sambungan rumah tangga secara bertahap dan dapat terlayani pada tahun 2024,” tuturnya.

Dalam peresmian SPAM Banjarbakula ini dihadiri langsung Wali Kota Banjarbaru H. M. Aditya Mufti Ariffin, Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor serta Kepala Daerah lainnya.

Baca Juga