PAD Retribusi Sampah Kota Banjarbaru Lebihi Target

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Capaian Realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang bersumber dari retribusi persampahan dan pelayanan kebersihan tahun 2020 di Banjarbaru melebihi target.

Meski di tengah pandemi Covid-19, PAD di Dinas Lingkungan Hidup (LH) tahun 2020 ternyata mampu melebihi target yang ditentukan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sirajoni, melalui Kabid Persampahan Erwan Rudiansyah mengatakan PAD yang dihasilkan oleh Dinas LH terhitung lebih dari Rp350 juta. Padahal target awal Dinas LH hanya dipatok Rp. 200 juta dari pemerintah.

“Berdasarkan capaian yang diperoleh pada tahun 2020, maka ditahun 2021 ini pihaknya akan menaikan target PAD sebesar RP 400 juta,” ujarnya, Senin (11/01/2021) siang.

Sementara itu, dalam meringankan beban masyarakat yang berjualan di pasar, pihaknya tidak memungut retribusi sampah dikarenakan pandemi Covid-19.

Harga retribusi sampah pun berbeda seperti restoran dikenakan Rp 100 ribu perbulan, industri besar Rp 200 ribu perbulan dan untuk usaha besar Rp 100 ribu perbulan.

“Nanti ada rencana perluasan wilayah penagihan retribusi sampah, tapi karena masih pandemi ya kita tunda dulu,” ungkapnya.