HPSN 2021 : DLH Banjarbaru Gelar Aksi Peduli Sampah

0 Shares

HEADLINE9.COM, BANJARBARU – Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, menggelar aksi peduli sampah.

“Kemarin Minggu (21/2/2021) pagi, di lapangan Murjani saat car free day kami Dinas Lingkungan Banjarbaru membagikan 300 totebag untuk masyarakat yang berbelanja menggunakan kantong plastik,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru, Sirajoni melalui Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Erwan Rudiansyah, Senin (22/2) siang.

Selain itu, DLH Banjarbaru juga mengadakan perlombaan Pekan memilah sampah di rumah, untuk Sekolah tingkat SD/SMP di Banjarbaru. Siswa yang dipilih sekolah untuk mengawakili sekolahannya akan membuat video singkat untuk kegiatan memilah sampah organik dan residu.

“Ada 65 sekolah yang mengikuti persiapan kegiatan melalui zoom, nanti akan kita lihat di batas waktu yang ditetapkan ada berapa sekolah yang mengirimkan video,” ujarnya.

Lanjut Erwan, nantinya DLH akan memberikan piagam penghargaan dan hadiah untuk sekolah yang memenuhi syarat yang sudah ditentukan dalam memilah sampah organik dan residu.

Kemudian, DLH Banjarbaru akan melakukan Aksi Pungut Sampah di sepanjang jalan Trikora, dengan berjalan kaki yang diikuti seluruh karyawan DLH.

“Kami juga ada kegiatan memilah sampah organik yang bernilai ekonomis untuk seluruh SKPD dilingkungan Pemko dimulai dari 23-28 Februari,” jelasnya.

Sampah yang telah dipilah nantinya harus disetorkan ke bank sampah yang ada di Dinas Lingkungan Hidup Banjarbaru.

Menurutnya, 2021 lebih banyak melakukan kegiatan dalam memperingati Hari Peduli Sampah Nasional dengan tetap menjaga protokol kesehatan, dibandingkan 2020 yang memang hanya melakukan gotong royong.

0 Shares