Home » RS Rujukan, RSDI Siap Tangani Pasien Covid-19

RS Rujukan, RSDI Siap Tangani Pasien Covid-19

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

headline9.com, BANJARBARU – Untuk meningkatkan pelayanan pada pasien Covid-19, pemerintah Republik Indonesia agar seluruh Rumah Sakit (RS) bisa membuka pelayanan untuk pasien Covid-19.

Beberapa waktu lalu, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Abdul Kadir mengatakan, pihaknya mengizinkan semua rumah sakit membuka pelayanan untuk pasien Covid-19. Kebijakan ini pun berlaku bagi RS swasta.64

“Pemerintah memberikan kesempatan atau mengizinkan semua RS di Indonesia termasuk RS swasta untuk memberikan layanan pasien Covid-19 asalkan mereka mengikuti SOP kita, tata laksana, juga mempunyai fasilitas,” ujar Kadir sebagaimana dikutip dari siaran pers di laman resmi Kemenkes, Kamis (28/1/2021).

Dia menjelaskan, hingga saat ini sudah tercatat 1.600 RS yang telah melaksanakan layanan Covid-19. Kemenkes pun sudah meminta RS untuk menambah ketersediaan tempat tidur antara 30 sampai 40%.

Menanggapi hal ini, Kepala Bagian Tata Usaha Rumah Sakit Daerah Idaman (RSDI) Banjarbaru, M Firmansyah, menjelaskan RSDI Banjarbaru sejak pandemi Covid 19 lalu sudah menjadi rumah sakit rujukan Covid-19.

Mengenai ruangan untuk pasien Covid 18, Firmansyah mengaku di RSDI ada 46 ruangan dan semuanya sudah terisi. RSDI juga sudah menyiapkan ruangan cadangan jika ruang isolasi Covid-19 sudah penuh. (***)

Baca Juga