Tim Pokjanal Tanbu Gelar Pelatihan Pengolahan Kompos Padan Dan Cair

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

BATULICIN,headline9.com – Tim Pokjanal Kabupaten Tanah Bumbu menggelar pelatihan cara pengolahan kompos padat dan cair.

Pelatihan dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai 28 Februari s.d 1 Maret 2021 bertempat di Posyandu Widuri Desa Ringkit Kecamatan Kuranji.

Para remaja dan kader posyandu tersebut dilatih cara mengolah kompos cair dengan tujuan pengolahan sampah organik dari sisa makanan yang diutamakan mengandung karbohidrat dan protein.

BACA JUGA :  Underpas Milik Daerah Nantinya Jadi Salah Satu Sumber PAD Terbesar Tanbu.

Selain itu, juga dilatih cara mengolah kompos padat dengan tujuan pengolahan sampah organik yang berasal dari daun-daunan, sisa sayuran mentah, dan lainnya.

Pelatihan pengolahan kompos ini merupakan bagian dari kegiatan pembinaan dan monitoring posyandu dalam rangka persiapan mengikuti lomba posyandu tingkat provinsi tahun 2021.

Hasanah selaku Kasi PKPM pada Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan (PMLK) Dinas PMD Tanbu, mengatakan selain pelatihan pengolahan kompos, pada pembinaan tersebut juga dilakukan evaluasi pemanfaatan sampah, memandu kader posyandu menginput aplikasi SiPandu, pengelolaan bank sampah, klarifikasi data kependudukan, pembinaan pemanfaatan pekarangan, dan lainnya.

BACA JUGA :  KPK Tipikor Tanbu Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Di Tala.

Adapun Tim Pokjanal Posyandu Kab. Tanbu yang melakukan pembinaan dan monitoring posyandu terdiri dari Dinas PMD, DLH, Disdikbud, dan Disdukcapil Tanbu. (Rel)

Baca Juga