Minimarket SetiaMart Milik BUMDes Mekar Jaya Diresmikan Wabup.

BATULICIN,headline9.com – Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli meresmikan beroperasinya pasar modern milik desa Mekar Jaya, kecamatan Angsana.

Kehadiran mini market bernama SetiaMart itu diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendongkrak pendapatan asli desa (PADes).

Minimarket SetiaMart yang dibangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tirta Jaya desa Mekar Jaya ini terletak di jalan Provinsi KM. 197 kecamatan Angsana, kabupaten Tanah Bumbu ini menggelontorkan modalnya bersumber dari Kemendes dan Silpa ADD hampir setengah miliar rupiah.

Diresmikan langsung Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli dalam rangka meningkatkan roda perekonomian masyarakat, dan mendongkrak pendapatan desa.

“Saya mengapresiasi terobosan desa dalam membangkitkan roda perekonomian masyarakatnya. Dan diharapkan kedepan tidak hanya desa Mekar Jaya yang memiliki pasar modern seperti ini, tapi semua desa yang ada di kabupaten Tanah Bumbu,” ucap Muhammad Rusli usai peresmian.

Muhammad Rusli juga mengaku bangga, karena mini market besutan BUMDes ini pertama di Kalsel dan bisa menjadi pelopor bagi daerah lain.

“Sehingga kehadirannya harus mendapatkan dukungan dan support agar kedepan bisa menjadi sektor usaha yang mandiri bagi desa. Tentunya demi peningkatan ekonomi kerakyatan,” katanya lagi.

Disebutkan kegiatan ini sangat luar biasa, dan harus dikembangkan menjadi bisnis yang besar sehingga menjadi pilot project bagi desa-desa lainnya di Tanah Bumbu, bahkan di Kalsel.

Sementara kepala desa Mekar Jaya, Wiyono Setiawan mengaku, latar belakang dibangunnya Setia Mart ini terinisiasi atas perkembangan penduduk yang begitu pesat di desanya. Besarnya potensi pangsa pasar ini, ditambah selalu ramainya pengunjung di pasar modern serupa yang lebih dulu ada, membuat pihaknya memanfaatkan peluang ini.

“BUMDes harus memiliki sektor usaha seperti ini, karena sangat diminati,” tegasnya.

Ditambahkan kades, bisnis ini selain untuk mendongkrak PADes, juga bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Karena sebagian besar barang dagangan yang dijual dominan produk lokal, dan UMKM warga setempat, agar lebih menggeliat.

“Setelah beroperasi kami bmenata semuanya dan akan melakukan kemitraan yang memiliki komitmen untuk kemajuan Setia Mart,” pungkasnya.

Ia menargetkan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui BUMDes demi mewujudkan desa mandiri. Karena BUMDes salah satu penopang ekonomi desa.