Wali Kota Lantik TP PKK Banjarbaru

headline9.com, BANJARBARU- Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menghadiri dan Melantik Kepengurusan TP PKK Kota Banjarbaru Masa Bhakti 2021-2024.

Tampak Wakil Wali Kota Banjarbaru Wartono SE, para Ketua Organisasi Wanita Kota Banjarbaru serta undangan lainnya. Bertempat di Aula Gawi Sabarataan Pemerintah Kota Banjarbaru.

Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin menyampaikan Gerakan yang dimotori oleh kaum perempuan ini juga terbukti mendukung secara nyata terhadap akselerasi pembangunan melalui 10 program pokok Pkk yang dilaksanakan oleh organisasi PKK, namun sekarang di PKK tidak hanya perempuan saja tapi juga ada laki-lakinya.

Gerakan PKK sebagai gerakan dari bawah dan bermanfaat bagi masyarakat. Melalui penerapan 10 program pokok tersebut diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan keluarga yang merupakan kondisi tentang terpenuhinya kebutuhan dasar manusia dari setiap anggota keluarga secara material, sosial, mental dan spiritual sehingga dapat hidup layak sebagai manusia yang bermartabat.

Pada dasarnya gerakan PKK telah diatur dengan regulasi yang cukup kuat yakni dengan Peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 tahun 2020 tentang peraturan pelaksana peraturan Presiden Nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Operasional gerakan PKK dikelola dan dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK disetiap jenjang baik ditingkat pusat sampai dengan ke tingkat Provinsi/Kabupaten, Kota maupun tingkat Kecamatan desa dan Kelurahan hingga RT/RW dan dasa wisma.

Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah memiliki peran penting dalam mendukung berbagai program pembangunan terutama pembangunan keluarga. Keberadaan PKK dapat dilihat sebagai organisasi yang dinamis dan banyak memberikan kontribusi bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. PKK dalam mendukung proses pembangunan telah mendapat pengakuan dan penghargaan.

Kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi salah satu tolak ukur dalam pembangunan yang perlu mendapatkan prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui gerakan PKK.

Untuk itu guna mendukung adanya perencanaan strategis terkait program-program PKK melalui rencana induk dan strategis gerakan PKK diharapkan dapat mewujudkan grand design gerakan PKK yakni menciptakan Gerakan Nasional Keluarga Pelopor Perubahan.

Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin mengucapkan rasa syukur karena akhirnya telah resmi di lantik menjadi tim pengurus PKK. Dan kami masih harus menunggu dari PKK Provinsi untuk 10 program pokok yang diarahkan kepada kami.

Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin berharap untuk semua anggota Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru agar selalu bisa meningkatkan komunikasi, sinegri dan tidak terpecah-belah.

Hanya PKK yang bisa masuk ke masyarakat hingga ke dalam lingkungan keluarga mereka dan menurutnya hal itu adalah salah satu kelebihan dari PKK. Dan Vivi Mar’i Zubedi Aditya Mufti Ariffin juga selalu menekankan kepada tim penggerak PKK untuk sebisa mungkin meminimalisir acara-acara yang sifatnya ceremonial.

Tim penggerak PKK memiliki peran penting dalam pembangunan salah satunya adalah dalam pembangunan keluarga karena hanya PKK yang bisa masuk ke dalam lingkungan keluarga.

Wali Kota Banjarbaru H M Aditya Mufti Ariffin SH MH mengatakan bahwa Gerakan PKK merupakan gerakan nasional masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsip kerja partisipatif yang pengelolaannya dari, oleh dan untuk masyarakat.

Melalui Gerakan PKK ini peran serta aktif segenap lapisan masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan masyarakat merasa punya beban dan tanggung jawab bersama dalam pembangunan dan pemberdayaan. keluarga yang meliputi segala upaya bimbingan, pembinaan dan pemberdayaan agar keluarga dapat hidup sejahtera, maju dan mandiri.

Pembangunan akan berhasil dengan efektif apabila disatu pihak ada fasilitas, kemudahan-kemudahan dan sistem pelayan yang disediakan pemerintah, dan di lain pihak ada partisipasi aktif seluruh masyarakat, melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam perjalanannya, gerakan PKK terus menunjukkan dukungannya terhadap proses pembangunan masyarakat, bangsa dan negara, dengan tetap eksis mengangkat dan memberdayakan keluarga dari kebodohan, kemiskinan dan ketertinggalan.

Pada kesempatan itu H M Aditya Mufti Ariffin mengucapkan selamat kepada pengurus Tim Penggerak PKK Kota Banjarbaru masa bhakti 2021-2024 yang telah dilantik pada hari ini.

Terus tingkatkan penyuluhan mengenai 10 program pokok PKK seperti pembinaan sikap mental bagi anak dan remaja, peningkatkan ekonomi keluarga melalui UP2K Pkk, pemahaman tentang pangan keluarga yang Bergizi, Beragam, Seimbang dan Aman, (B2SA), HATINYA PKK, Posyandu, gerakan saying ibu dan lain sebagainya.

Perlu kita pahami bersama, bahwa keberhasilan gerakan PKK tidak hanya tergambar dengan suksesnya lomba-lomba di tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi, dan nasional, tetapi keberhasilan tersebut diukur dari seberapa besar manfaatnya di kalangan warga dan masyarakat Kota Banjarbaru. Penghargaan atas segala macam lomba yang diikuti hanya sebagai nilai tambahnya. (nsh)

TERBARU

TNI AL – Lanal Banjarmasin Jalani Hari Kelima Gelar Serbuan Vaksinasi di Sungai Tabuk...

0
HEADLINE9.COM, BANJARMASIN - Sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalsel, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin terus menerus menggelar program Serbuan...

KPM PKH Banjarbaru Mulai Terima Bantuan Sejak PPKM Diberlakukan

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Bantuan beras 10 kilogram dari Pemerintah sebagai dampak dari Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV. Adapun jumlah bantuan...

Bappedalitbang Jaring Inovasi SKPD Banjar

0
HEADLINE9. COM, MARTAPURA – Bappeda Litbang Kabupaten Banjar tengah melakukan penjaringan inovasi yang dilakukan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup...

Kabupaten Banjar Siapkan Kemungkinan PPKM

0
HEADLINE9.COM, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten Banjar menyiapkan kemungkinan diberlakukannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Hal ini mengemuka dalam rapat koordinasi mingguan yang...

Penyekatan Ditiadakan Hanya Ada Pemeriksaan Surat Menyurat

0
HEADLINE9.COM, BANJARBARU - Hari pertama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level IV di Kota Banjarbaru nampak seperti hari hari biasanya, Senin (26/7).

TAG TERKAIT