Safrizal ZA Meminta Penyaluran Zakat Harus Melalui Baznas Kalsel

HEADLINE9.COM,BANJARBARU – Dalam memaksimalkan pengumpulan zakat para muzaki Penjabat Gubernur Kalsel Safrizal ZA meminta Badan Amin Zakat (BAZNAS) Kalsel agar memaksimalkan pengumpulan dengan berbagai metodologi.

Pasalnya, pengelolaan zakat secara profesional dan mengedepankan aspek tata aturan Islam, salah satu solusi mengentaskan kemiskinan.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Kalsel dalam launching Gerakan Cinta Zakat dan Keteladanan Pemimpin dalam Berzakat di Gedung Idham Chalid Setdaprov Kalsel Banjarbaru, Rabu 5 Mei 2021.

“Muzaki yang besar-besar ada banyak di Kalsel, kalau bisa penyaluran zakatnya harus melalui BAZNAS,” ujarnya.

Safrizal juga meminta agar ASN Kalsel hingga kabupaten kota, TNI, Polri, hingga tingkat kepala desa juga bisa berzakat melalui BAZNAS Kalsel.

Selain itu, para pengusaha yang berusaha di Kalsel juga berzakat melalui Baznas.

Potensi zakat di Kalsel dikatakan Safrizal termasuk besar. Masyarakat Kalsel yang religius harapnya bisa menambah pengumpulan zakat demi mengentaskan kemiskinan di Kalsel.

Sementara itu, ketua BAZNAS Kalsel H Irhamsyah Safari mengatakan di 2021 ini ditargetkan capaian pengumpulan zakat meningkat hingga 40 persen.

“Target kita tahun ini sekitar Rp 13 miliar,” ujarnya.

Di masa pandemi BAZNAS Kalsel  terus berinovasi agar masyarakat bisa lebih mudah berzakat. Mulai dari pembayaran zakat secara offline dan juga online dari banyak e-commerce dan aplikasi.

Potensi ASN dalam berzakat jelas Irhamsyah juga tergolong besar. BAZNAS Kalsel jelasnya siap menjemput zakat dimanapun demi maksimalnya pengumpulan zakat untuk meningkatkan kesejahteraan mustahiq.

Selain itu, dalam launching juga dilakukan penyerahan santunan kepada mustahiq. Selain itu juga dilakukan pembayaran zakat secara simbolis dari PJ Gubernur Kalsel, Pemimpin Umum Banjarmasin Post HG P Rusdi Effendi AR , dan perwakilan pengusaha.