Home ยป Warga Tanbu Bangga Di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Presiden Kenekan Baju Adat Tanah Bumbu.

Warga Tanbu Bangga Di Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, Presiden Kenekan Baju Adat Tanah Bumbu.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print

BATULICIN – Presiden Joko Widodo bertindak selaku inspektur upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, ,Selasa 01/06/21.

Dalam upacara peringatan kali ini, Kepala Negara tampak mengenakan pakaian adat khas Kabupaten Tanah Bumbu, provinsi Kalimantan Selatan.

Upacara peringatan dipusatkan di Halaman Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jakarta, dengan sejumlah Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, tenaga kesehatan, serta pelajar turut serta bertindak selaku bagian dari pasukan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan.

Rangkaian upacara dimulai pada pukul 07.45 WIB di mana pasukan upacara bersama komandan upacara memasuki lapangan upacara.

Sementara peringatan Hari Lahirnya Pancasila juga diperingati diseluruh Kabupaten Koota se-Indonesia secara virtual salah satunya diKabupaten Tanah Bumbu.

Sesuai instruksi Bupati Tanah Bumbu melalui Sekretaris Daerah agar seluruh SKPD yang ada dilingkup pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu mengikuti kegiatan peringatan hari lahirnya pancasila secara virtual di SKPD masing masing.

Dalam kegiatan tersebut seluruh pejabat diwajibkan memakai pakaian adat dari berbagai daerah pada peringatan hari lahirnya Pancasila Tahun 2021.

Sementara diistana bogor tepat pada pukul 08.00, Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara memasuki tempat upacara secara virtual dan diikuti laporan komandan upacara. Selanjutnya, Kepala Negara juga memimpin prosesi mengheningkan cipta.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR Bambang Soesatyo membacakan teks Pancasila sementara Ketua DPR Puan Maharani tampak membacakan teks pembukaan UUD 1945. Adapun Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memimpin pembacaan doa selepas amanat yang disampaikan oleh inspektur upacara. Ketiganya juga menjalankan tugas secara virtual dari lokasi masing-masing.

Dalam unggahan di akun Twitter pribadi, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa bangsa Indonesia yang besar ini telah melayari berbagai zaman dengan berpedoman kepada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Berpegangan pada nilai-nilai itu pula, kini bangsa Indonesia tengah berupaya melewati masa-masa sulit di tengah pandemi.

“Berpegangan pada nilai-nilai itu, dengan persatuan dan gotong royong, kita akan kembali melewati masa-masa sulit ini dan keluar sebagai pemenangnya,” ucapnya pada cuitan yang diunggah pada Selasa, 1 Juni 2021.

Untuk diketahui, acara peringatan tersebut turut dihadiri secara virtual oleh para pimpinan lembaga negara, menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, hingga sejumlah kepala daerah.(Rel)

Baca Juga