Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. advertorial2
  4. »
  5. BPKAD Terjunkan Tim Inventarisasi 5.200 Aset Tanbu

BPKAD Terjunkan Tim Inventarisasi 5.200 Aset Tanbu

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

BATULICIN,headline9.com – Dalam rangka menata pengelolaan aset daerah berupa tanah, gedung dan bangunan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu menerjunkan Tim berkekuatan 40 tenaga terlatih untuk melakukan inventarisasi ke lapangan.

Tim Inventarisasi ini dilepas langsung Bupati dr Zairullah Azhar, di Ruang Bersujud I Perkantoran Gunung Tinggi, Senin (6/9/2021).

“Aset kita ini jumlah sebanyak 98 ribuan. Jadi Tim yerdiri dari 40 orang akan turun ke lapangan. Mereka ke desa, kecamatandan semua ada invetaris aset kita didata,” ungkap Kepala BPKAD, H Syamsuddin, usai pelepasan Tim Inventarisasi.

Dijelaskan mantan Camat Simpang Empat ini, sebenarnya total aset Kabupaten Tanah Bumbu mencapai 98 ribu lebih. Namun tahap pertama di inventarisir sebanyak 5.200 aset yang akan diambil titiknya secara kontinyu selama 2 bulan kedepan.

“Yakni sebanyak 800 titik aset tanah bangunan. Kemudian 1.700 titik tanah jalan, serta 2.700 titik gedung dan bangunan,” bebernya.

BACA JUGA :  Gerakan Ibu Peduli Angsana Gelar Pasar Murah

Tujuan dari inventarisasi ini dalam rangka menjaga aset untuk memenuhi instruksi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Siapun nantinya pihak yang mau mengetahui titiknya dimana, cukup menekan tombol dari sebuah sistem aplikasi, bisa diketahui penggunaannya. Sudah ada by name by address penggunanya,” sambungnya.

Terkait ada aset yang dimanfaatkan pihak lain, hasil inventarisir akan diketahui. Semuanya kedepan akan bisa dikontrol melalui sebuah sistem aplikasi yang segera diluncurkan.

“Nanti kelihatan disitu kalau ada aset yang digunakan pihak tidak berkepentingan atau berkepatutan dalam hal ini,” tandasnya.

Kembali ditegaskannya, kegiatan inventarisasi ini murni bertujuan untuk penataan. Tapi penggunaan nantinya sesuai kebutuhan satuan kerja perangkat daerah masing-masing.

“Mudah-mudahan ini awal menata aset-aset kita yang cukup banyak,” pungkasnya.

Sementara dalam prosesi pelepasan Tim Inventarisasi aset, Bupati dr Zairullah Azhar berpesan kepada 40 tenaga yang terbagi dalam 4 tim agar menjaga amanah ini dengan baik.

BACA JUGA :  Sedikitnya 1.500 Paket Sembako Dibagikan PKB Tanbu

“Tugas tim Inventarisasi ini sangat penting, untuk menjaga kualitas manajemen pemerintahan,” ucap bupati.

Diungkapkan jika dilapangan ditemukan aset yang belum tercatat agar segera dikoreksi dan dibenahi. Oleh sebab itu ini penting sekali dan bagaimana pun merupakan tugas berat untuk bekerja ke lapangan, ke semua desa.

“Mulai sekarang persiapkan diri, tentu dibutuhkan sebuah data. Lebihnya saya berpesan jaga nama baik pemda kerena tim akan berhadapan dengan masyarakat yang terkait itu,” lanjutnya.

Ditambahkannya, kegiatan ini tampak sederhana namun memiliki tugas penting sekaligus amal jariyah. Tentunya nanti mereka juga akan diberikan reward.

Pelepasan Tim Inventarisasi aset ini juga dihadiri Sekda H Ambo Sakka, Kepala BPKAD H Syamsudin dan Kepala Dinas Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Tanah Bumbu, Ansari Firdaus.

Baca Juga