Search
Close this search box.
  1. Home
  2. »
  3. Balangan
  4. »
  5. Program Rehab Rumah di Balangan, Desa Mamigang Dapat Jatah 10…

Program Rehab Rumah di Balangan, Desa Mamigang Dapat Jatah 10 Unit

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
Print
Reddit

headline9.com, PARINGIN – Program rehabilitasi rumah di Kabupaten Balangan kembali dilaksanakan. Kali ini ada beberaap desa yang warganya mendapatkan bantuan dari program tersebut. 

Satu di antaranya yakni Desa Mamigang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Diketahui ada 10 unit rumah yang dibangun di desa ini. 

Kepala Desa Mamigang, Bagus Santoso menerangkan, warga yang mendapat bantuan merupakan masyarakat tidak mampu. Dimana rumah mereka juga dianggap tidak layak huni dan perlu perhatian lebih dari pemerintah. 

“Sebelumnya saya telah mengusulkan 25 KK untuk menerima bantuan rehabilitasi rumah. Namun yang lolos seleksi dan telah melewati tahap verifikasi hanya 10 KK. Sehingga hanya ada 10 unit bantuan rehabilitasi rumah yang diterima,” jelas Bagus, Jumat (20/8/2021).

BACA JUGA :  DKP3 Kabupaten Balangan Adakan Demo Masak Dapur B2SA

Dari program tersebut jelas Bagus, beberapa di antaranya sudah rampung pengerjaan. Ada pula yang sedang dalam tahap pembangunan dan ada yang akan dibangun. 

Melalui bantuan tersebut, Bagus berharap Desa Mamigang pun semakin maju dan berkembang. Terutama didukung dengan tempat tinggal warganya yang nyaman. 

Sementara itu, Kepala Bidang Perkim, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Balangan, Arsyad menerangkan, ada belasan unit program rehabilitasi rumah yang ditangani oleh Disperkim pada tahun ini. 

BACA JUGA :  Bupati Balangan Lantikan dan Kukuhkan Pengurus DPC GKN Setempat

Adapun anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Balangan dengan rincian perunit Rp 17.500.000. Dimana Rp 2.500.000 diperuntukan sebagai upah tukang dan sisanya untuk pembelian bahan bangunan. 

“Pembangunan rumah ini dari dana APBD dan sasarannya adalah masyarakat berpenghasilan rendah,” ucap Arsyad. 

Sebutnya, Disperkim Balangan berupaya agar warga dapat tinggal di rumah yang layak melalui program bedah rumah yang dilakukan.

Selain itu ada pula program BSPS dari dana APBN, dimana Kabupaten Balangan mendapatkan bantuan sebanyak 100 unit

Baca Juga