Hari Gizi Nasional, Cegah Stunting dan Obesitas

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

headline9.com, MARTAPURA – Diperingatan Hari Gizi Nasional ke-62 tahun 2022 Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyie mengajak untuk menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen bersama, di Aula BKDPSDM Banjar.

Menurutnya, ini adalah momentum penting dalam antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat dan berprestasi.

Wabup berharap kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan peran aktif seluruh masyarakat, khususnya generasi milineal tentang kesehatan dan gizi.

“Semoga generasi muda kita, khususnya remaja Kabupaten Banjar tumbuh menjadi remaja yang sehat, terus menjunjung tinggi keimanan dan ketakwaan serta selalu menjaga adab dan sopan santun,” harapnya.

BACA JUGA :  Persentase Kemiskinan Kabupaten Banjar Menurun

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Yasna Khairina mengatakan, rangkaian kegiatan ini di Kabupaten Banjar dimulai pada 24 Januari 2022 yaitu di SMP Negeri 2 Desa Limamar, dengan agenda pemberian tablet tambah darah, pembagian kalender dan pembagian paket bahan makanan kepada siswa.

“Kemudian pada puncaknya dengan mengadakan seminar dan pemberian tablet tambah darah dan kalender kepada siswi-siswi SMP Negeri 1 Martapura,” katanya.

Sasaran intervensi lanjutnya, pada remaja putri karena pada saat menstruasi dilakukan upaya pemberian tablet tambah darah. Pada usia remaja putri perlu intervensi terhadap peningkatan gizinya.

BACA JUGA :  DKISP Banjar Buka Workshop Satu Data

Yasna menjelaskan, peringatan ini mengusung tema Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas. Karena cegah stunting merupakan program nasional dan harus berhati-hati dengan obesitas karena obesitas memberikan dampak atau resiko terhadap penyakit lebih tinggi dibandingkan normal.

“Stunting terkait dengan kecerdasan Sumber Daya Manusia.Dari awal kita lakukan penurunan Stunting sebagai upaya Pemerintah bersama masyarakat supaya mendapatkan SDM yang unggul,” jelasnya. (nsh)

Baca Juga