DPRD dan KPU Balangan Laksanakan RDPU Kesiapan Pemilu 2024

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on print
Print
Share on reddit
Reddit

Headline9.com, PARINGIN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan laksanakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) mengenai audiensi mengenai daerah pemilihan pemilu tahun 2024, Selasa (08/02/2022) bertempat di ruang rapat DPRD Balangan.

RDPU yang turut dihadiri enam fraksi anggota DPRD Balangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Balangan.

Pada RDPU tersebut pihak KPU Balangan menjelaskan tentang pembagian – pembagian daerah pemilih di wilayah Kabupaten Balangan beserta jumlah pemilih.

Kabupaten Balangan sendiri mempunyai delapan kecamatan, yang terbagi menjadi tiga daerah pemilihan (Dapil) untik Pileg tingkat Kabupaten.

BACA JUGA :  Bupati Balangan Salurkan Bansos Untuk Dhuafa dan Muallaf

Ketiga Dapil tersebut yakni Balangan I (Kecamatan Paringin,Paringin Selatan dan Lampihong), Balangan II (Kecamatan Juai dan Halong) dan Balangan III (Kecamatan Batumandi, Awayan dan Tebing Tinggi).

Ketua KPU Kabupaten Balangan, Saripani mengatakan karena jumlah penduduk di Balangan lebih dari 100 ribu penduduk oleh itu Balangan memperoleh alokasi 25 kursi.

“Berdasarkan data Semester I per Juni 2021 jumlah penduduk di Kabupaten sebanyak 132.210 jiwa,” ucap Saripani.

Selain itu, salah satu anggota DPRD Balangan, Syahbuddin mengatakan kami masih menunggu perhitungan Semester II dan III sehingga mampu mengklaim data pemilih yang akurat.

“Kami perlu menunggu hasil dari pendataan Semester II dan III tahun 2022 untuk mendapatkan jumlah penduduk serta pemilih yang akurat pastinya akan ada tambahan jumlah penduduk,” ujar Syahbuddin.

BACA JUGA :  GOW Balangan Bantu Korban Kebakaran di Desa Tanah Habang

Senada dengan Anggota lain, M.Rusdin Barhiwan mengatakan melihat kondisi saat ini pertambahan masyarakat Kabupaten Balangan sangat luar biasa, tentu hal ini sangat berpengaruh pada pelaksanaan Pemilu nantinya.

“Kita ambil contoh perumahan – perumahan yang baru dibangun dari situ kita sudah bisa mengira – ngira adanya penambahan penduduk di Kabupaten Balangan,” beber pemuda sering disapa Rusdin Bibil.

Diketahui, untuk penetapan tanggal daerah pemilih akan dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 09 februari 2023 nanti. (Ald)

Baca Juga